Beranda Aceh Ketua PGRI Banda Aceh Minta Pemerintah Berikan Kesejahteraan pada Guru

Ketua PGRI Banda Aceh Minta Pemerintah Berikan Kesejahteraan pada Guru

BERBAGI
Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Banda Aceh, Zulfikar. (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Banda Aceh, Zulfikar, meminta kepada pemerintah untuk memberikan kesejahteraan kepada para guru.

“Terkait Hari Guru Nasional ini kita berharap kepada pemerintah, bagaimana pemerintah bisa memberikan kesejahteraan kepada guru,” ucap Zulfikar, Rabu (24/11/2021), memberi komentar pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021.

“Kesejahteraan ini tidak selalu harus diberikan dalam bentuk material, tapi bagaimana memberikan kemudahan kepada guru. Baik dalam mendapatkan sertifikasi maupun naik pangkat,” lanjut Zulfikar.

Selama ini, menurut Zulfikar, untuk mendapatkan sertifikasi sangat sulit dan persyaratan yang sangat membebani para guru.

“Masih banyak guru-guru kita yang berstatus honor selama 10 tahun, tapi belum diangkat dan dan belum mendapatkan sertifikasi. Hal ini disebabkan syarat untuk sertifikasi, salah satunya adalah harus membuat karya tulis ilmiah dan diupload oleh perguruan tinggi. Ini kan sangat sulit,” tutur Zulfikar.

Selain itu dia juga meminta kepada pemerintah untuk melakukan pemerataan sekolah.

“Semua sekolah itu sama, wadah mencari ilmu. Jadi jangan ada sekolah anak orang kaya dan sekolah anak kurang mampu, agar mutu pendidikan itu tersebar di setiap sekolah,” harapnya.

Karena guru saat ini, menurutnya, sudah siap menjalankan instruksi dari pemerintah dalam menjalankan proses mengajar meski di tengah pandemi.

Tentu kesiapan ini, kata Zulfikar, sudah dibarengi dengan pemahaman serta mengikuti berbagai pelatihan untuk menambah kompetensi seorang guru. (Kia Rukiah)