86% Guru di Medan Sudah Divaksin, Siap Gelar PTM

    BERBAGI
    ILUSTRASI. Para pelajar mulai dari tingkat TK, SD dan SMP di Kota Medan, yang diliburkan terkait penyebaran virus Corona. (Foto/sulaiman achmad)

    Medan (Waspada Aceh) – Dari 20.000 jumlah guru swasta dan negeri di Kota Medan, 86% di antaranya sudah divaksin. Dinas Pendidikan (Disdik) Medan menyatakan siap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) jika sudah memperoleh izin.

    “Jumlah guru swasta dan negeri di Medan mencapai 20 ribu. 86% di antaranya sudah divaksin dosis kedua. Kalau disuruh belajar tatap muka sebenarnya kita sudah siap,” kata Kadisdik Medan, Adlan, saat peninjauan seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK) di SMK Negeri 9 Jalan Patriot, Selasa (14/9/2021).

    Adlan mengatakan, tidak semua guru di Kota Medan bisa divaksin. Menurut dia, 86% adalah jumlah maksimal guru yang dapat divaksin. “Selebihnya itu yang ada penyakit bawaan, tidak bisa divaksin,” ujarnya.

    Sebelumnya, kata Adlan, pada bulan Juli lalu pihaknya sudah menggelar simulasi dibukanya pembelajaran tatap muka. Saat itu segala persiapan tentang protokol kesehatan sudah baik.

    “Memang waktu itu disiapkan kapasitas kelas hanya diisi 25% dari jumlah yang ada, sesuai arahan Bapak Presiden. Tapi batal karena ada PPKM Darurat,” jelasnya.

    Sebelumnya Adlan menyebut ada 2.227 calon PPPK yang mengikuti seleksi di tiga lokasi berbeda. Sedangkan untuk jumlah formasi tersedia hanya 1.200.

    Walaupun begitu dia berharap agar seluruh calon PPPK yang mengikuti seleksi dapat lulus. Mengingat jumlah guru di Medan kurang karena banyak yang telah pensiun.

    “Harapannya kepada semua peserta bisa lulus, karena Medan kekurangan jumlah guru. Banyak yang sudah pensiun,” tegasnya.

    Dia menyebutkan, Dinas Pendidikan Medan akan mewujudkan program Wali Kota Bobby Nasution tentang pendidikan maju. (sulaiman achmad)

    BERBAGI