Kamis, Juni 20, 2024
Google search engine
BerandaAcehTidak Hanya Hujan Lebat, Aceh Masih Berpotensi Angin Kencang dan Gelombang Tinggi

Tidak Hanya Hujan Lebat, Aceh Masih Berpotensi Angin Kencang dan Gelombang Tinggi

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Hampir seluruh Provinsi Aceh diguyur hujan lebat disertai angin kencang dalam beberapa hari ini. Selain itu juga berpotensi terjadi gelombang tinggi di sejumlah daerah pesisir Aceh.

Kondisi tersebut terjadi sejak awal Maret hingga pada hari ini, Jumat (2/4/2021). Di Aceh Besar misalnya, sejumlah rumah mengalami kerusakan setelah diterjang angin kencang.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh Besar, masih terlihat anomali suhu muka laut antara +1.0 sampai dengan +3.03 derajat celcius di Selat Malaka dan laut Andaman. Sehingga diperkirakan penguapan air masih tinggi di sebagian daerah Provinsi Aceh.

Kepada Waspadaaceh.com, Jumat, (2/4/2021), Koordinator Data dan Informasi BMKG Kelas l Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar, Zakaria Ahmad mengatakan, dengan masih tingginya penguapan air laut maka pertumbuhan curah hujan meningkat dan disertai kilat serta petir.

“Begitu juga potensi terjadinya gelombang tinggi masih sangat besar. Terutama untuk wilayah utara Sabang, penyeberangan Banda Aceh- Sabang, Barat Selatan Aceh, dan utara timur Aceh,” sambung Ahmad. (Fanz)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER