Jumat, Mei 24, 2024
Google search engine
BerandaSekitar Rp4 Milar Lebih Bantuan Sudah Dikucurkan untuk Korban Banjir di Aceh

Sekitar Rp4 Milar Lebih Bantuan Sudah Dikucurkan untuk Korban Banjir di Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Dinas Sosial Aceh mengatakan, sekitar Rp4 miliar lebih bantuan sudah dikucurkan untuk korban banjir di Aceh Timur, Aceh Utara, Langsa dan Aceh Tamiang.

“Akibat curah hujan yang cukup tinggi di beberapa titik di Aceh, pada akhir Desember 2021, beberapa kabupaten/kota di wilayah Aceh seperti Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang mengalami banjir,” kata Kepala Dinas Sosial Aceh, Yusrizal,
kepada Waspadaaceh.com, Sabtu (8/1/2021).

Yusrizal menuturkan, akibat banjir di wilayah timur Aceh, mengakibatkan adanya korban jiwa, hilangnya harta benda serta terjadi pengungsian.

Oleh sebab itu, Dinsos Aceh menyalurkan bantuan yang langsung diserahkan oleh Kadinsos Aceh dan diterima langsung oleh Dinsos kabupaten/kota yang terdampak banjir.

Dia mengatakan, berdasarkan rekapitulasi 6 Januari 2022, bantuan logistik dalam rangka penanggulangan bencana banjir di Aceh Timur, Aceh Utara, Langsa dan Aceh Tamiang, telah mencapai Rp4.021.916.191.

Jumlah bantuan secara keseluruhan mencapai 4 miliar rupiah tersebut bersumber dari APBA senilai Rp603.018.100 dan juga bersumber dari APBN sejumlah Rp3.418.898.081, jelasnya.

Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk pangan, sandang, terdiri dari air mineral, beras, telur, mie instan, minyak goreng, biskuit, gula pasir, kecap, sambal, sarden, popok bayi dan lainnya.

Selain pangan dan sandang, kata Yusrizal, Pemerintah Aceh maupun pemerintah kabupaten setempat serta Kementerian Sosial RI juga memberikan bantuan masa panik berupa perlengkapan alat kebersihan, perlengkapan posko pengungsi berupa tenda, pompa air, penjernih air, ember serta peralatan lainnya.

Yusrizal mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait seperti, BPBD, TNI, Polri, SAR dan lembaga kebencanaan lainnya untuk memastikan situasi di lapangan. (Kia Rukiah)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER