Selasa Besok Mendagri Lantik PJ Gubernur Aceh

    BERBAGI

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Seiring berakhirnya masa jabatan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, Selasa besok (5/7/2022), dijadwalkan melantik Pj (Penjabat) Gubernur Aceh, di Jakarta, sekitar pukul 16.00 WIB.

    Informasi pelantikan Pj Gubernur Aceh itu tersebar luas melalui media sosial dengan adanya undangan yang ditujukan kepada Gubernur Aceh, Wali Nanggroe, Ketua DPRA, Pangdam Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Kajati Aceh, dan Sekda Provinsi Aceh.

    Dalam undangan tersebut, dijelaskan sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan Gubernur Aceh, maka akan dilantik Pj untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah. Karena itu, Mendagri mengharapkan nama-nama yang telah diundang untuk menghadirinya.

    Berita terkait: Lantik Ahmad Marzuki Sebagai Staf Ahli Kemendagri, Sinyal Kuat Calon Pj Gubernur Aceh

    Dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Kemendagri, Suhajar Diantoro, pelantikan dilaksanakan Selasa (5/7/2022) bertempat di Sasana Bhakti Praja Gedung C, Lantai 3 Jakarta.

    Namun dalam undang tersebut tidak disampaikan, siapa nama Pj Gubernur Aceh yang akan dilantik.

    Sebelumnya, Mendagri pernah meminta kepada DPRA untuk mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur Aceh. Menangapi hal itu, DPRA mengusulkan tiga nama yang terdiri dari Safrizal ZA, Indra Iskandar dan Mayjen Ahmad Marzuki.

    Berita terkait: Siapa Pj Gubernur Aceh?

    Sumber dari kalangan DPRA menyebutkan, kemungkinan Mendagri Tito Karnavian, akan memilih Ahmad Marzuki sebagai Pj Gubernur Aceh. Sinyal itu menguat setelah Ahmad Marzuki yang mantan Pangdam Iskandar Muda itu, Senin hari ini (4/7/2022), dilantik sebagai Staf Ahli Mendagri (pejabat eselon I).

    Begitu pun nama pastinya akan ditentukan Selasa besok. Karena dalam hitungan menit, nama Pj Gubernur Aceh bisa saja berubah karena adanya dinamika politik tarik menarik di pemerintah pusat, kata sumber Waspadaaceh.com. (Kia Rukiah)