Beranda Disbudpar Aceh Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Ulee Lheue, Teken Prasasti 50 Desa Wisata...

Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Ulee Lheue, Teken Prasasti 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2022

BERBAGI
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno ketika berkunjung ke lokasi wisata Ulee Lheue Banda Aceh, Kamis (4/8/2022). (Foto/Cut Nauval Dafistri)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh, salah satunya mengunjungi lokasi wisata Ulee Lheue Banda Aceh, Kamis (4/8/2022).

Dalam kunjungan kerja selama dua hari di Aceh, Menparekraf melihat potensi wisata di Ulee Lheue. Desa Ulee Lheue, merupakan salah satu desa yang masuk dalam 50 desa terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Kunjungan diawali ke beberapa rute yang memiliki spot destinasi wisata di kawasan pusat kota Banda Aceh hingga Ulee Lheue seperti mengunjungi River Walk Peunayong, Masjid Baiturrahim dan galeri tsunami.

Sandiaga Uno juga menyaksikan atraksi budaya Tarek Pukat (cara menangkap ikan yang masih tradisional khas nelayan Aceh) dan diiringi permainan musik Rapa’i. Sandi terlihat mengenakan tengkulok, dan songket Aceh.

Menparekraf melanjutkan perjalanan menuju kantor Panglima Laot, menyapa para panglima laot serta melihat pameran dengan naik becak motor sebagai moda transportasi yang memiliki nilai kearifan lokal.

Setiba di Ulee Lheu Park, Menparekraf disambut dengan tarian khas Aceh Rapai Geleng. Di lokasi tampak berjejer sajian kuliner dari pelaku UMKM di Ulee lheue.

Selanjutnya, Menparekraf menandatangani prasasti dan memberikan sertifikat, plakat kepada kepala desa dan Ketua Pokdarwis dengan background Landmark Desa Gampong Ulee Lheue.

Sandiaga Uno mengatakan, Gampong Ulee Lheue dengan kelengkapannya yang memiliki potensi pariwisata berbasis sejarah, budaya dan alamnya, menjadikan daya tarik bagi wisatawan serta menambah lapangan pekerjaan dan membangkitkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Banyak produk UMKM yang menjadi nilai tambah, juga dapat menambah banyak lapangan pekerjaan, menjadi semangat kebangkitan Gampong Ulee Lheue,” tuturnya.

Acara tersebut diakhir dengan pantun “Hari libur pergi memancing ikan. Wah apa daya hanya udang yang didapat, desa wisata Gampong Ulee lheue jadi andalan. Bangkitkan perekonomian rakyat,” terangnya.

Hadir dalam acara tersebut. Ketua Dewan Juri Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 Prof. Azril Azahari, turut hadir juga anggota DPR RI, Pj Wali Kota Bakri Siddik, Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal, Kepala Dispar Kota Banda Aceh, Said Fauzan dan unsur Forkopimda. (Cut Nauval D)