PLN Jamin Ketersedian Listrik Bagi Investasi di Sabang

    BERBAGI
    Para wartawan peserta media gathering saat mengunjungi PLTD Aneuk Laot, Sabang, Rabu (22/6/2022). (Foto/Kia)

    Sabang (Waspada Aceh) – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Wilayah Aceh, menjamin ketersediaan listrik bagi investor yang akan melakukan kegiatan usahanya di Sabang.

    Komitmen tersebut disampaikan oleh Manager PLN UP3 Banda Aceh, Ediwan, dalam acara media gathering dengan puluhan wartawan di Sabang, Rabu (22/6/2022).

    Ediwan menyampaikan, di Sabang terdiri dari PLTD Cut Abeuk dan PLTD Aneuk Laot. Kedua PLTD ini bisa menghasilkan daya 6,9 MW, sedangkan kebutuhan beban puncak seluruh pulau Sabang itu hanya 5,5 MW.

    “Artinya kita masih ada cadangan panas yang siap suplai itu 1,4 MW. Cadangan panas ini kita butuhkan untuk saling merotasi unit pembangkit, seandainya ada pembangkit yang kita istirahatkan untuk pemeliharaan dan sebagainya,” jelas Ediwan.

    Untuk memastikan ketersediaan energi bagi investasi, pihaknya terus mengumpulkan data dan memperkaya informasi terkait pembangunan usaha di Sabang.

    “Misalnya ada rencana pembangunan hotel, kita terus memperkaya informasi kira-kira kebutuhannya berapa. Saat ini kita masih mampu. Jika ada investor yang mau membangun baik unit usaha atau unit industri kita siap untuk menambah pelanggan atau menambah daya bagi pelanggan yang membutuhkan,” jelasnya.

    Dia menegaskan, investor tidak perlu khawatir untuk energi di Sabang, karena potensi energi di Sabang sangat besar. Salah satunya adalah energi baru terbarukan panas bumi.

    Selain itu, pihaknya juga terus mengimbangi pertumbuhan beban yang ada di Sabang, dengan merelokasi unit-unit pembangkit yang sudah tersuplai dengan sistem great (bagus), dari darat kemudian akan direlokasikan ke pulau Sabang.

    “Jadi kapan saja ada yang membutuhkan, kita siap melayani dan siap sambut seluruh pelanggan di Pulau Sabang,” tutupnya. (Kia Rukiah)