Beranda Tulisan Feature Meriahkan HUT RI ke-77, Festival Merah Putih dan Balap Perahu di Krueng...

Meriahkan HUT RI ke-77, Festival Merah Putih dan Balap Perahu di Krueng Aceh

BERBAGI

Suasana di pinggir Krueng Aceh, di sisi Jalan Cut Mutia, sekitar Markas Kodam Iskandar Muda maupun atas jembatan Peunayong, sungguh berbeda pada Senin siang (15/8/2022),

Masyarakat tampak bergerombol di tempat-tempat yang lapang di pinggir sungai. Cuaca terik menyengat, namun sorak meriah masyarakat yang antusias menyaksikan Festival Merah Putih Krueng Aceh.

Kegiatan yang digelar Kodam Iskanda Muda itu menggelar berbagai perlombaan dalam memeriahkan HUT RI Ke – 77 sekaligus hari Damai Aceh yang ke- 17.

Berbagai perlombaan digelar diawali dengan lomba tangkap bebek, lomba dayung perahu karet, lomba perahu hias, dan lomba fotografi. Perlombaan ini juga memperebutkan hadiah hingga puluhan juta rupiah.

Acara juga semakin meriah dengan ditampilkannya atraksi jetski yang dilakukan oleh personel Kodam IM.

Sementara puluhan perahu yang dihiasi ornamen unik, konvoi menyusuri Krueng Aceh  dengan menampilkan berbagai atraksi dengan melintas di hadapan penonton.

Perlombaan diikuti oleh unsur dari TNI – Polri, Basarnas Banda Aceh, Satpol PP Banda Aceh, Dinas Damkar Kota Banda Aceh, dan perwakilan Menwa USK, Universitas Serambi Mekkah, dll.

Pangdam Iskandar Muda Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan, mengatakan, kegiatan itu menjadi media mempererat silahturahmi dan sebagai wujud kebersamaan semua pihak dalam memeriahkan HUT RI ke 77 serta hari Damai Aceh ke 17.

“Dalam membangun Aceh, kita harus berdampingan tidak ada lagi berhadap-hadapan. Demi mewujudkan Aceh yang lebih damai dan sejahtera,” jelas Pangdam.

Kegiatan ini dapat menjadi event tahunan yang diselenggarakan setiap tahunnya  dan juga meningkatkan sektor pariwisata Aceh.

Salah seorang pengunjung di Festival Merah Putih Krueng Aceh, Ratna mengaku sangat senang dan semangat dengan diseleanggarakan kembali kegiatan tahunan ini. Dua tahun Aceh tidak memeriahkan HUT RI karena pandemi COVID-19.

“Saya sudah sangat merindukan suasana seperti ini setelah dua tahun tidak ada kegiatan akibat pandemi. Semoga ke depannya banyak perlombaan yang unik seperti ini semakin berlanjut dan semakin meriah lagi,” tutur Ratna. (Cut Nauval d)

BERBAGI