Jumat, April 19, 2024
Google search engine
BerandaDisbudpar AcehLokasi Objek Wisata Tepi Laye Iboih Diserbu Ribuan Pengunjung

Lokasi Objek Wisata Tepi Laye Iboih Diserbu Ribuan Pengunjung

Sabang (Waspada Aceh) – Lokasi objek wisata Tepi Laye Iboh, Sabang, terjadi kemacetan sejak musim libur Idul Fitri di hari pertama karena serbuan pengunjung. Selain itu area parkir di lokasi ini juga sangat sempit.

Persediaan area parkir hanya menampung beberapa mobil saja, sementara jumlah kendaraan yang masuk ke lokasi wisata itu sangat banyak. Petugas di pintu masuk tidak mampu mengendalikan lonjakan tamu yang masuk ke lokasi wisata. Begitu juga petugas parkir tidak manpu mengatur ketertiban parkir sehingga semrawut.

Lokasi area parkir di lokasi ini sangat sempit, sedangkan jumlah kunjungan melebihi kapasitas. Anehnya petugas di pintu masuk terus saja memberikan tiket masuk kepada pengunjung tanpa mempertimbangkan kondisi di dalam yang sudah padat.

“Lapangan parkir yang dibangun BPKS di luar area pantai Tepi Laye sudah dimanfaatkan. Semua mobil tidak diperkenankan masuk lokasi wisata, tapi masih tidak mampu menampung mobil,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sabang, Anas Fachruddin, Sabtu (07/05/2022).

Pihaknya akan berupaya menambah area parkir di kawasan menuju pantai Tepi Laye Iboih untuk mengantisipasi macet khususnya pada musim liburan seperti sekarang ini.

Kawasan pantai Tepi Laye merupakan lokasi wisata sekaligus akses menuju taman laut Pulau Rubiah. Di sekitar lokasi pantai itu juga banyak tempat penginapan samgai ke pantai Tepi Serikui. Begitu juga di Pulau Rubiah ada juga tempat penginapan.

Untuk tamu yang menginap di area Tepi Laye, Tepi Serikui dan Pulau Rubiah, mereka memarkirkan kendaraannya di sekitar pelataran parkiran Tepi Laye hingga menyebabkan penuh sesak. Apalagi kalau masuk tamu yang menginap di kawasan kota dan Sumur Tiga, mereka mengambil paket wisata snorkling atau skuba dan keliling Pulau Rubiah juga akan memarkir kendaraannya di area parkir Tepi Laye.

Melihat kondisi saat musim libur panjang Idul Fitri, petugas pintu masuk ke kawasan wisata pantai Tepi Laye harus mengarahkan parkiran di area parkir di luar area pantai Tepi Laye. Setelah parkir kendaraan mereka harus berjalan kaki agak jauh menuju pantai (b.18)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER