Rabu, Februari 21, 2024
Google search engine
BerandaKadishub Aceh: Penumpang  Internasional di Bandara SIM Meningkat

Kadishub Aceh: Penumpang  Internasional di Bandara SIM Meningkat

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Aceh, Teuku Faisal mengatakan, jumlah penumpang internasional di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar meningkat.

Meningkatnya jumlah penumpang, pertanda rute penerbangan internasional di Bandara SIM semakin menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung ke Aceh. Selain wisatawan dari mancanegara, rute internasional juga ramai digunakan masyarakat Aceh pergi ke negeri jiran.

“Kalau kita lihat tren jumlah penumpang pesawat terbang untuk rute internasional di Bandara SIM mengalami peningkatan setiap bulannya. Yang jelas secara kapasitas jumlah seat (kursi) sudah sangat memenuhi,” kata Teuku Faisal kepada Waspadaaceh.com, Selasa (20/6/2023).

Data manifes penerbangan menunjukkan, sejak Oktober 2022 hingga Mei 2023, jumlah penumpang penerbangan internasional di Bandara SIM mencapai 65.962 orang. Penerbangan ke negeri jiran tersebut dilayani oleh tiga maskapai, yaitu AirAsia, Firefly, dan Batik Air.

Teuku Faisal menjelaskan, Bandara SIM saat ini melayani dua rute penerbangan ke Malaysia, yaitu ke
Kuala Lumpur dan Penang.

“Penerbangan ke Kuala Lumpur beroperasi sebanyak 9 kali dalam seminggu. Sedangkan tujuan Penang ada 8 kali seminggu,” tambahnya.

Meskipun terjadi peningkatan jumlah penumpang pesawat udara di rute internasional, Faisal membeberkan rata-rata tingkat keterisian penumpang pada rute ini masih sekitar 50 persen.

“Mestinya penerbangan internasional yang sudah terbuka ini bisa dimanfaatkan oleh semua pihak agar perekonomian Aceh lebih bergairah,” sebutnya.

Mengenai traffic penerbangan di Bandara SIM, menurut Teuku Faisal, sangat erat kaitannya dengan geliat aktivitas di Aceh. Baik di sektor pariwisata, perdagangan, bisnis, maupun kegiatan pemerintahan.

Oleh sebab itu, kontribusi seluruh stakeholder sangat berpengaruh dalam mengoptimalkan rute internasional di Bandara SIM, termasuk pihak agen travel.

Di samping penerbangan ke Malaysia, penerbangan Umrah juga semakin menunjukkan perkembangan. Sejak penerbangan perdana yang dilayani oleh Lion Air pada November 2022 lalu hingga Mei 2023, Bandara SIM telah melayani keberangkatan 5.161 jemaah umrah ke tanah suci dalam 19 kali penerbangan. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments