Kamis, Juni 20, 2024
Google search engine
BerandaDi Tengah Gempuran Pasar Digital, Tradisi Hari Pekan di Aceh Besar Tetap...

Di Tengah Gempuran Pasar Digital, Tradisi Hari Pekan di Aceh Besar Tetap Semarak

Aceh Besar (Waspada Aceh) – Tradisi hari pekan masyarakat Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, tetap semarak di tengah pesatnya dan gempuran pasar digital sekarang ini.

Pantauan Waspada Aceh di Krueng Raya, Aceh Besar, Rabu (11/8/2021) hari pekan di tempat tersebut menjual beragam macam kebutuhan warga baik kebutuhan pokok, lauk-pauk, buah-buahan, sayur hingga pakaian.

Suasana hari pekan di Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. Rabu (11/8/2021). Foto/Kia Rukiah

Terlihat masyarakat di pesisir utara ujung Pulau Sumatra tersebut berbondong-bondong mendatangi pasar tradisional yang digelar seminggu sekali tersebut, setiap hari Rabu, membeli kebutuhan sehari-hari.

BACA:
Sulitnya Cari Oksigen di Tengah Banjir di Banda Aceh

Tidak hanya menjual kebutuhan pokok, pasar hari pekan tersebut juga dimanfaatkan para petani menjual berbagai hasil pertanian. Harga yang dijual jauh lebih murah dibanding di toko biasa.

BACA:
Sejumlah Sungai di Aceh Besar Meluap

Laila, 33, pengunjung pasar hari pekan, mengaku keberadaan pasar tersebut membuatnya tidak perlu jauh-jauh berbelanja ke pusat kota untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari.

Suasana hari pekan di Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. Rabu (11/8/2021). Foto/Kia Rukiah

“Selain keperluan sehari-hari, saya juga membeli kebutuhan dagangan. Barang dijual di sini sama harganya. Bahkan, ada yang lebih murah dari harga pasaran,” ucap Laila.

BACA:
Irjen Pol Ahmad Haydar Resmi Jabat Sebagai Kapolda Aceh

Pedagang di pasar hari pekan tersebut datang berbagai tempat di Kabupaten Aceh Besar. Bahkan ada di antara mereka dari luar kabupaten. Mereka sudah berada di pasar dadakan tersebut puluk 07.00 WIB.

“Kami setiap hari Rabu pukul tujuh pagi sudah mengelar lapak di sini dan sampai jam pukul 12 siang,” ucap Udin, 55, pedagang di pasar hari pekan tersebut.

BACA:
Hujan Deras, Dua Gampong di Aceh Besar Terendam Banjir

Udin mengaku sudah berdagang di pasar hari pekan sejak 2015. Barang yang dijualnya diambil dari Pasar Lambaro, pusat pasar tradisional di Kabupaten Aceh Besar.

“Saya ambil barang grosir dari Lambaro dan menjualnya di sini dengan harga yang sama. Jadi, masyarakat tidak perlu jauh-jauh berbelanja ke Pasar Lambaro,” tuturnya.

BACA:
Pedagang Ikan Pasar Almahirah Protes, Pindah Jualan di Depan Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh

Dia mengatakan dirinya berjualan tidak hanya di pasar hari pekan di Krueng Raya, tetapi juga di pasar hari pekan di tempat di Kabupaten Aceh Besar dengan hari berbeda. (Kia Rukiah)

VIDEO TERKINI:

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER