30 Desa di Aceh Jaya Direndam Banjir

    BERBAGI
    Kondisi banjir di Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Rabu (11/8/2021). Foto/Ist

    Calang (Waspada Aceh) – Sebanyak 30 desa di Kabupaten Aceh Jaya direndam banjir menyusul hujan lebat dua hari terakhir menyebabkan air di beberapa sungai di kabupaten itu meluap.

    Kepala Pelaksana BPBD Aceh Jaya Fajri dihubungi Waspada Aceh, Rabu, mengatakan banjir mulai merendam rumah, Selasa (10/8/2021) sekira pukul 02.15 WIB.

    BACA:
    Sejumlah Sungai di Aceh Besar Meluap

    “Saat ini, ketinggian air berkisar 20 sampai dengan 70 centimeter. Bahkan, di beberapa desa sempat mencapai dua meter. Sampai saat ini, belum ada korban jiwa,” ujarnya.

    Fajri menjelaskan saat ini banjir terjadi di 30 gampong (desa) di lima kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya.

    BACA:
    Sulitnya Cari Oksigen di Tengah Banjir di Banda Aceh

    “Banjir terjadi di Desa Lhok Boet, Kecamatan Setia Bakti. Terdampak banjir berjumlah 30 KK dengan 100 jiwa dan 30 Rumah,” ujar Fajri.

    Kecamatan Darul Hikmah, lanjut dia, banjir terjadi di 10 gampong. Terdampak banjir berjumlah 427 KK dengan 962 jiwa dan 427 rumah.

    Kondisi banjir di Kecamatan Indra Jaya, Aceh Jaya, Rabu (11/8/2021). Foto/Ist

    Di Kecamatan Sampoiniet, banjir terjadi di delapan desa. Terdampak banjir berjumlah 199 KK dengan 803 jiwa dan 199 Rumah.

    BACA:
    Hujan Deras, Dua Gampong di Aceh Besar Terendam Banjir

    Di Kecamatan Indra Jaya, banjir terjadi di empat gampong. Warga tiga desa terpaksa mengungsi karena ketinggian air terus meningkat.

    “Terdampak banjir berjumlah 206 KK dengan 836 jiwa dan 196 Rumah. Semua warga terdampak banjir ini sedang mengungsi ” ujar terangnya.

    BACA:
    Pedagang Ikan Pasar Almahirah Protes, Pindah Jualan di Depan Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh

    Selanjutnya, tambah Fajri, di Kecamatan Jaya, banjir terjadi di tujuh gampong dengan terdampak 365 KK atau 337 jiwa dan 365 Rumah.

    “Saat ini petugas kami masih di lokasi memantau kondisi perkembangan banjir,” tutup Fajri. (Zammil)

    VIDEO TERKINI

    VIDEO FAVORIT

    BERBAGI