Beranda Disbudpar Aceh Promosi Wisata Bahari, Sabang Gelar Festival Diving

Promosi Wisata Bahari, Sabang Gelar Festival Diving

BERBAGI
Peserta Event Sabang Open Diving Festival 2021. (Foto:/Disbudpar Aceh)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Event Sabang Open Diving Festival 2021 resmi dimulai di Pantai Gapang, Desa Iboih, Kecamatan Sukamakmue, Kota Sabang, Sabtu (20/11/2021).

Acara tersebut dibuka Wali Kota Sabang, diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang, Faisal. Kegiatan ini juga dihadiri pejabat dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Faisal mengatakan, festival itu selain untuk promosi wisata bahari juga untuk menjaring prestasi baru, bibit-bibit atlet baru. Peserta yang berprestasi nantinya diarahkan ke KONI untuk pembinaan lanjutannya.

“Festival itu juga sebagai upaya mempromosikan kekayaan alam bawah laut yang dimiliki Pulau Weh,” ujar Faisal.

Acara yang digagas oleh Pemerintah Kota Sabang ini juga didukung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh. Hadir pada festival ini Kepala Seksi Komunikasi dan Strategi Pemasaran Pariwisata Disbudpar Aceh, Akmal Fajar.

Akmal menilai, perhelatan Sabang Open Diving Festival 2021 ini menjadi simbol kebangkitan kembali wisata selam (sport tourism) di Aceh.

“Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi pelopor untuk penyelenggaraan event lainnya, khususnya yang berbasis di Sabang,” ujar Akmal.

Perhelatan Sabang Open Diving Festival 2021 ini sebagai salah satu upaya mengembangkan potensi wisata bahari di wilayah ujung barat Indonesia ini.

Akmal menyebutkan, jumlah peserta yang ikut kompetisi ini sebanyak 103 orang. Mereka semua merupakan utusan dari Pengurus Cabang POSSI kabupaten/kota, klub dan perseorangan.

Adapun total hadiah dalam ajang Sabang Open Diving Festival 2021 ini, ucap Akmal, sebesar Rp56 juta dan kegiatan ini juga akan berlangsung hingga Minggu (21/11/2021), dengan menerapkan CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan). (Kia Rukiah)