Rabu, Februari 28, 2024
Google search engine
BerandaPastikan Keselamatan Pemudik, Ditlantas Polda Aceh Ingatkan Kesehatan Sopir dan Kelaikan Bus

Pastikan Keselamatan Pemudik, Ditlantas Polda Aceh Ingatkan Kesehatan Sopir dan Kelaikan Bus

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Ditlantas Polda Aceh mengimbau pengemudi terutama bagi angkutan umum untuk memperhatikan kelaikan kendaraan dan kesehatan pengemudi sebagai kesiapan angkutan mudik lebaran Idul Fitri 1444 H.

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Aceh Kompol M Nuzir menyampaikan hal itu saat bersilaturahmi bersama para sopir dan pengusaha angkutan umum Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di komplek Terminal Batoh tipe A Banda Aceh, Rabu (19/4/2023).

M Nuzir mengatakan, dengan memperhatikan kalaikan kendaraan dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan lalulintas. Pengecekan secara rutin terhadap ban, lampu, stir, rem dll akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan sopir angkutan umum.

“Kami juga mengingatkan kepada pengemudi untuk tetap mematuhi peraturan lalulintas,” jelasnya

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan kepada para pengemudi menjaga kesehatannya dengan tidak mengonsumsi obat-obatan yang mengganggu konsentrasi saat mengemudi. Seperti konsumsi obat mengantuk, obat-obat terlarang, dan sebagainya.

Pihak kepolisian berserta stakeholder juga telah melakukan pemeriksaan urin untuk memastikan fisik para pengemudi dalam kondisi baik.

M Nuzir mengataka, pada tahun 2022 ada sebanyak 3.495 kejadian, dengan fatalitas korban meninggal dunia berjumlah 677 korban. Dia melanjutkan, dari kejadian laka lantas rata-rata hampir dua korban jiwa perhari akibat lakalantas.

“Sehingga kegiatan ini terus kita lakukan mengimbau untuk menjaga keselamatan, sebagai upaya pencegahan menekan angka kecelakaan dan fatalitas korban lakalantas,” jelasnya.

Ketua DPC Organda, Jufri, didampingi Wakil Sekretaris DPD Organda Aceh, Azwir mengatakan, sejak H-7 maupun hingga H+7 mulai 1 April pihaknya telah memastikan kelaikan transpirtasi persiapan mudik baik bus AKAP maupun AKDP. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments