Kamis, Februari 29, 2024
Google search engine
BerandaKulinerMencicipi Kelapa Bakar Rempah untuk Kesehatan di Banda Aceh

Mencicipi Kelapa Bakar Rempah untuk Kesehatan di Banda Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Air kelapa muda dikenal sebagai minuman yang bisa menyehatkan dan menyegarkan. Tapi di Banda Aceh, ada hal yang unik, yaitu kelapa bakar rempah.

Cara mengolah kelapa ini terbilang unik. Kelapa ini dibakar dengan dicampur rempah-rempah. Saat diminum, akan menghangatkan dan menyegarkan penikmatnya.

Warung kelapa bakar ini berlokasi di Jl. Lintas Sumatra No.1, Merduati, Kecamatan Kuta Raja, Kota Banda Aceh.

Konon, kelapa bakar ini memiliki manfaat, seperti untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi masuk angin, mengatasi diabetes, mengatasi batu ginjal, membersihkan racun dalam tubuh, asam urat dan mengatasi sakit pinggang.

Kepada Waspadaaceh.com, Jumat (3/09/2021), Ervan Surya, 27, pemilik usaha kelapa bakar yang sudah berdagang selama 3 tahun mengatakan, asal usul menu kelapa bakar ini dia peroleh dari Meulaboh, Aceh Barat.

Kelapa muda yang sedang dalam proses pembakaran untuk disajikan kepada konsumen. (Foto/Rian)

“Dulu di Meulaboh kelapanya cuma dibakar aja, enggak pake rempah-rempah, dan jualannya pun hanya di bulan puasa. Setelah itu saya ke Banda Aceh tidak ada yang menjual kelapa bakar, akhirnya saya menjual kelapa bakar ini di Banda Aceh sejak akhir 2018. Peminatnya Alhamdulillah banyak,” ujarnya.

Kelapa bakar ini juga banyak variannya, ada yang memakai rempah-rempah, madu asli, susu, sirup, gula merah dll.

“Lama-kelamaan usaha kelapa bakar ini semakin banyak, dan peminatnya juga ramai. Mulai dari kalangan dewasa, remaja, bahkan sampai anak-anak juga suka dengan kelapa bakar ini,” lanjutnya.

Seorang pembeli kelapa bakar rempah, Sahara,51, kepada Waspadaaceh.com, mengatakan, dia mulai tertarik dengan menu kelapa bakar ini semenjak akhir 2019.

“Rasanya itu kalo kita habis minum kelapa bakar, badan hangat, terus kondisi badan jadi kayak lebih segar gitu. Apa lagi kalo diminum sewaktu musim hujan. Tapi apa lagi sejak corona ginikan makin rutin lagi minumnya. Biasanya seminggu sekali,” ujarnya.

Usaha kelapa Evan atau biasa orang-orang sering menyebutnya kelapa bakar Dek Pan ini, buka mulai pukul 09:00 WIB sampai pukul 00:00 WIB. (Rian)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments