Beranda Sumut Kembali Pimpin Forda UKM Sumut, Sri Wahyuni Nukman: Kami Konsisten Bina dan...

Kembali Pimpin Forda UKM Sumut, Sri Wahyuni Nukman: Kami Konsisten Bina dan Advokasi Pelaku UKM

BERBAGI
Ketua Forum Daerah Usaha Kecil Menengah (Forda UKM) Sumatera Utara periode 2022-2025, Sri Wahyuni Nukman. (Foto/Ist)

Medan (Waspasa Aceh) – Sri Wahyuni Nukman kembali terpilih sebagai ketua Forum Daerah Usaha Kecil Menengah (Forda UKM) Sumatera Utara periode 2022-2025.

Aktivis UKM ini terpilih secara aklamasi dalam Konferda ke X yang dipandu Zulfadli sebagai pimpinan sidang didampingi Seng Guan dan Chairil Huda yang digelar di Pantai Bali Lestari, Pantai Cermin, Serdang Bedagai (Sergai) Sumut, Jumat (29/7/2022).

Atas usulan para anggota, pimpinan sidang kemudian memutuskan dan menetapkan Sri Wahyuni Nukman sebagai ketua terpilih, setelah 4 kandidat lainnya, masing-masing Lie Ho Peng, Chairil Huda, Nurhalim Tanjung, Seng Guan dan Zulfadli menyatakan mundur dari pencalonan ketua.

“Dengan demikian, pemilihan ketua yang bersedia dicalonkan hanya satu orang. Dengan demikian, sesuai tata tertib sidang, kami menetapkan Ibu Sri Wahyuni Nukman sebagai ketua Forda UKM Sumatera Utara untuk periode 2022-2025,” ujar pimpinan sidang.

Forum yang dihadiri pengurus dan anggota Forda UKM Sergai, Deli Serdang, Medan, Binjai, Langkat serta pengurus Forda UKM Sumut sepakat menyetujui dan mendukung kembali Sri Wahyuni Nukman untuk memimpin Forda UKM Sumut.

Kemudian berdasarkan rapat formatur, Kepungurusan Forda UKM Sumut yang diketuai Sri Wahyuni Nukman memilih Chairil Huda sebagai Sekretaris dan Bendahara, T Bobby Lesmana.

Sri Wahyuni Nukman dalam periode kedua ini memiliki visi dan misi membangun komitmen dan solidaritas sesama pelaku usaha agar tetap saling mendukung.

Hal ini penting guna mendorong kenyamanan berusaha dan tetap meminta pelaku usaha agar menaati aturan yang berlaku dalam menjalankan usahanya.

“Dan kami akan tetap konsisten membina dan mengadvokasi pelaku usaha agar paham menjalankan usahanya secara benar, profesional dan cerdas,” ujar Sri Wahyuni.

Sementara Ketua Panitia Konferda Forda UKM Sumut, Nurhalim Tanjung menyebutkan, digelarnya Konferda ini sebab periodesasi kepengurusan hasil Konferdalub tahun 2019, sudah berakhir pada tahun 2022.

“Maka dengan itu, agar tetap melaksanakan roda organisasi dan regenerasi dalam organisasasi, dilaksanakan Konferensi Daerah X Forda UKM Sumut,” ujarnya. Dengan demikian eksistensi lembaga dalam mengedukasi dan mengadvokasi para pelaku UKM terus mengakar.

Terpisah Darmadi dari Forda UKM Sergai memberikan dukungan atas terpilihnya Sri Wahyuni Nukman sebagai Ketua Forda UKM Sumut periode 2022-2025.

Begitu juga Handy, anggota Forda UKM Sergai, menilai kepemimpinan Sri Wahyuni Nukman saat mengemban amanah sebagai Ketua Forda UKM Sumut terbukti paling maju dibandingkan periodesasi pengurus lainnya.

“Kita tahu, yang paling memajukan Forda UKM ini, Sri Wahyuni Nukman. sehingga tidak ada alasan lain untuk tidak memilih dan mendukungnya kembali,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga digelar workshop dengan menghadirkan pemateri
Wakil Direktur LBH Medan, Irfan Syahputra, Pemred GoSumut, Nurhalim Tanjung dan Presidium Forda UKM Sumut, Lie Ho Peng.

Workshop bertema ‘Menuntut kenyamanan berusaha pelaku UKM di Sumatera Utara,‘ Irfan Syahputra menyebutkan, untuk bisa nyaman berusaha, para pelaku usaha diajak untuk patuh dan taat terhadap aturan perundang-undangan. Dengan melengkapi setiap perizinan sesuai dengan bisnisnya serta menghormati hak-hak konsumen.

Dia juga mengingatkan agar setiap barang yang dipasarkan harus diberikan informasi yang benar tentang kondisi barang yang dijual. Pelaku usaha dalam memproduski barang harus memenuhi standar.

Pelaku usaha juga diminta kritis dan berani menghadapi jika ada oknum atau pihak-pihak yang datang ke tempat usaha ingin mencari-cari kesalahan pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya.

Sebelumnya dalam kesempatan yang sama, Forum Daerah (Forda) UKM Sumut juga merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 25. Syukuran ulang tahun perak ini juga diwarnai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua Forda UKM, Sri Wahyuni Nukman.

Gelar Konferdalub

Dalam kesempatan tersebut, Forda UKM Sergai menggelar Konferensi Daerah Luar Biasa (Konferdalub) Serdang Bedagai.

Berdasarkan hasil Konferdalub Sergai yang dipandu pimpinan sidang Chairil Huda bersama 4 anggota sidang lainnya, James, Iwan Tirta, Nurhalim Tanjung dan Zulfadli, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forda UKM Sergai, Darmadi.

“Dengan dilaksanakannya Konferdalub Forda UKM Serdang Bedagai, periode 2022-2025, pimpinan sidang memutuskan yang pertama kepengurusan periode sebelumnya dinyatakan demisioner. Kepengurusan berikutnya untuk periode Forda UKM 2022-2025, ketua terpilih bapak Darmadi,” ujar pimpinan sidang.

Prosesi Konferdalub yang dihadiri para pengurus dan anggota Forda UKM Sergai ini berjalan lancar. Terpilihnya Darmadi sebagai ketua juga mendapatkan respon positif dari para anggota.

Kepungurusan Forda UKM Sergai, dengan Ketua, Darmadi, Sekretaris, Iwan Tirta dan Bendahara, James. (Sulaiman Achmad)

BERBAGI