Kamis, Februari 29, 2024
Google search engine
BerandaAcehKapolres Aceh Utara Serahkan Bantuan di Daerah Terpencil

Kapolres Aceh Utara Serahkan Bantuan di Daerah Terpencil

Aceh Utara (Waspada Aceh) – Polres Aceh Utara bersama jajaran mengarungi derasnya arus sungai Arakundo Kabupaten Aceh Timur, menggunakan perahu untuk mengantarkan bantuan sembako dan pengobatan gratis bagi masyarakat terpencil di Dusun Sarah Raja Desa Lubok Pusaka Kecamatan Langkahan Aceh Utara.

Penyerahan bantuan kepada masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT) dipimpin langsung Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera didampingi ketua Cabang Yayasan Kemala Bhayangkari Polres setempat, Ny Risa Heksaputera, pada Senin (20/3/2023).

Falam rombongan perahu tersebut ikut Kasat Intelkam AKP Imran, Kapolsek Langkahan, Ipda Pulung Nur dan sejumlah perwira lainnya dengan menempuh perjalanan melalui jalur sungai sekitar 1 jam lebih menggunakan perahu warga.

Sementara melalui jalur darat yang membawa bantuan sembako dipimpin Wakapolres Aceh Utara, Kompol Syukrif I Panigoro didampingi Kasat Reskrim AKP Agus Riwayanto Diputra, Kasat Lantas Iptu Faisal, Kasat Resnarkoba AKP Novrizaldi dan sejumlah perwira lainnya, terpaksa harus menyusuri jalan yang penuh lumpur, melewati anak sungai sehingga harus menempuh jarak sampai ke dusun Sarah Raja mencapai dua jam lebih.

Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera mengaku kehadiran dirinya bersama jajarannya ke Dusun Sarah Raja, karena prihatin terhadap warga komunitas adat terpencil (KAT) yang sangat membutuhkan perhatian semua pihak.

“Sarah Raja merupakan sebuah dusun sangat terpencil dengan 28 Kepala keluarga (KK), kami Polres Aceh Utara bersama pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari melakukan bakti sosial dan menyerahkan sembako kepada warga yang ada di dusun ini,” kata Kapolres AKBP Deden.

Kapolres menyebutkan, selain membawa bantuan sembako, sedekah Alquran dan iqra, juga memberikan kesehatan gratis kepada warga yang mendatangkan dua tenaga kesehatan dari Klinik Polres Aceh Utara dan saat dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga dan anak kecil, banyak menemukan anak-anak yang mengalami sakit gatal-gatal maupun diare.

“Dengan adanya pengobatan gratis yang ditangani oleh dr. Ferianto dan Ulil dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya didusun Sarah Raja, karena kami melihat dusun ini paling tertinggal dan jarang tersentuh bantuan.” terangnya.

Kapolres berharap kepada para pihak lain khususnya pemerintah bisa lebih peduli untuk memperhatikan juga warga yang ada di dusun pedalaman ini. Karena mereka sangat kesulitan terutama masalah akses jalan hingga sumber air bersih, karena selama ini masyarakat Sarah Raja memanfaatkan air sungai Alue Sepoy yang keruh untuk mengkonsumsi dan berbagai keperluan lainnya.

“Saya mengalami sendiri sulitnya perjalanan untuk mencapai dusun itu. Karena kita melawan arus sungai dengan cukup kencang menggunakan perahu,” ujarnya.

Perlu diketahui, siswa Sekolah Dasar (SD) delama ini harus melalui jalur sungai menuju sekolah di seberang atau ke Dusun Sarah Gala, Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur, karena tidak ada jalan lain selain jalur sungai yang dalam.

Sementara Kepala Dusun Sarah Raja, Desa Lubok Pusaka, Zulkifli, mengucapkan terima kasih banyak kepada Kapolres Aceh Utara beserta jajarannya yang telah berhadir untuk menyerahkan bantuan dan memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga dusun nya.

“Bantuan yang diberikan Kapolres sangat bermanfaat dan sangat sangat membantu meringankan beban kami yang tinggal di daerah terpencil, Kita melihat masyarakat di sini menyambut kedatangan beliau kemari dengan sangat terharu, karena sebuah bentuk kepedulian sosial yang dibutuhkan oleh mereka,” pungkas Zulkifli. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments