Beranda Aceh Hendra Budian Serahkan Mesin Roasting Kopi ke Masyarakat Bener Meriah

Hendra Budian Serahkan Mesin Roasting Kopi ke Masyarakat Bener Meriah

BERBAGI

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Wakil Ketua DPRA Hendra Budian menyerahkan mesin roasting kopi ke masyarakat di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Senin (6/12/2021). Penyerahan itu sebagai bagian usulan masyarakat melalui APBA tahun 2021 ini.

“Mesin roasting kopi tersebut merupakan usulan masyarakat yang kami perjuangkan melalui APBA tahun 2021 ini. Untuk tahap pertama ini, jumlah mesin yang telah disalurkan adalah sebanyak 10 unit, dengan kapasitas roasting maksimal 1,5 KG green bean kopi,” kata Hendra Budian kepada waspadaaceh.com.

Dalam proses penyerahan itu dilakukan di Jalan Pendopo Bupati Bener Meriah yang diterima langsung oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kabupaten Bener Meriah untuk selanjutnya akan diserahkan kepada kelompok masyarakat Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

“Pembagian mesin roasting ini diharapkan dapat mendongkrak perekonomi masyarakat di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, mengingat kedua daerah tersebut merupakan daerah penghasil komoditas kopi terbesar di Provinsi Aceh bahkan Indonesia,” ujarnya.

Hendra menjelaskan ditengah situasi pendemi COVID 19 yang masih mengganggu laju pertumbuhan ekonomi saat ini. Mesin roasting diharapkan menjadi salah satu opsi konkrit membantu pelaku usaha.

“Kita mendorong sektor UMKM dan ekonomi kreatif, saya kira adalah satu opsi yang konkrit, memastikan para pelaku usaha UMKM dan ekonomi kreatif mendapat perhatian lebih dari pemerintah adalah sebuah keharusan,” ungkap politisi Partai Golkar ini.

Hendra menuturkan pembagian mesin roasting ini juga selaras dengan arahan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Menjadi penting dan utama bagi kami untuk memastikan bahwa visi Menko Perekonomian tersebut dapat diterjemahkan dengan baik oleh kader-kader Partai Golkar di daerah,” jelasnya.

Dia menegaskan mesin roasting ini juga merupakan produk dalam negeri yang diproduksi di Jember. Dia pun berjanji, kedepannya akan lebih banyak lagi bantuan bermanfaat ke masyarakat yang akan diperjuangkannya di APBA tahun 2022 mendatang.

“InsyaAllah kedepan akan lebih banyak lagi bantuan-bantuan yang bermanfaat. Semoga setiap kebijakan pemerintah dapat menciptakan Economic Multiplier Effect. Amin,” tegasnya. (Sulaiman Achmad)