Beranda Aceh DPKA Gelar Talkshow Minat Baca di Aceh Jaya

DPKA Gelar Talkshow Minat Baca di Aceh Jaya

BERBAGI
DPKA menggelar Talkshow Minat Baca, serta Pelantikan Bunda Literasi dan Duta Membaca di Aceh Jaya. (Foto/ist).

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) menggelar talkshow minat baca siswa di Kabupaten Aceh Jaya. Kegiatan ini juga dibarengi dengan pelantikan bunda literasi dan Duta Baca di Kabupaten Aceh Jaya.

Kegiatan berlangsung di Aula Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Jaya, pada Selasa (22/11/2022).

Kepala DPKA Edi Yandra mengatakan, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mencari solusi terbaik dalam meningkatkan minat baca serta pengembangan literasi yang membaca informasi positif di masyarakat.

Menurutnya, sejumlah permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah daerah dalam meningkatkan minat baca. Khususnya bagi anak di antaranya rendahnya peran orang tua dalam memotivasi anak untuk membaca buku.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Jaya bisa menyiapkan infrastruktur ataupun sarana-sarana yang bernuansa untuk membangkitkan minat masyarakat datang ke pustaka,” tuturnya.

Kata dia, nanti DPKA mendesain pustaka dalam bentuk ada taman bermain, ada pembatas ruang baca outdoor. Itu yang diharapkan sehingga keinginan masyarakat untuk membaca semakin tinggi.

Sementara itu PJ Bupati Aceh Jaya, Nurdin mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya telah melakukan sejumlah langkah untuk meningkatkan pengembangan literasi dan juga minat baca.

Langkah yang diambil membuat pojok baca hingga melakukan sejumlah kegiatan Saweu Sikula dan Saweu Pustaka. Nurdin mengatakan langkah yang diambil tersebut pun berhasil meningkatkan jumlah kunjungan perpustakaan di Kabupaten Aceh Jaya.

“Kunjungan perpustakaan di Kabupaten Aceh Jaya masyarakat ke perpustakaan terus meningkat dan di tahun 2022 ini grafiknya terus naik ada upaya-upaya yang harus dilakukan untuk mendorong masyarakat datang ke perpustakaan,” jelasnya.

Turut menjadi pemateri dari Universitas Syiah Kuala Herman RN dan juga Pegiat literasi Fauzan Santa.(*)