Selasa, Februari 27, 2024
Google search engine
BerandaAcehDKP Aceh Bagikan 1 Ton Ikan untuk Warga di Meulaboh

DKP Aceh Bagikan 1 Ton Ikan untuk Warga di Meulaboh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh membagikan satu ton ikan kepada warga dalam rangka pelaksanaan kegiatan Gemarikan, Selasa (3/1/2022).

Pembagian ikan ini berlangsung di kompleks Kantor DKP Aceh Barat yang dihadiri oleh ratusan warga setempat sebagai penerima manfaat. Adapun jenis ikan yang dibagikan terdiri dari ikan kembung, tongkol atau cakalang serta jenis ikan lainnya.

Kepala Subbagian Koordinator Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Fitriani menjelaskan, kegiatan ini merupakan lanjutan kampanye Gemarikan yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh melalui DKP sekaligus penanganan inflasi.

Pada tahun sebelumnya, lanjut Fitriani, kegiatan Gemarikan selalu dibagikan dalam bentuk paket olahan ikan kepada masyarakat, namun sekarang pihaknya membagikan
ikan segar beku yang diambil dari ICS (Integrated Cold Storage) agar bisa diolah sendiri sesuai selera.

Apalagi tambah Fitriani, harga ikan basah dalam beberapa bulan terakhir terjadi kenaikan atau fluktuasi harga akibat cuaca ekstrem. Selain harga mahal juga mengalami kekurangan stok di pasar.

Mengatasi hal tersebut, beberapa waktu lalu DKP Aceh juga telah menggelar bazar ikan murah di Rumah Ikan Higenis Gano untuk membantu warga memperoleh ikan dengan harga yang lebih rendah.

Sementara itu, Kepala DKP Aceh melalui Kabid Budidaya Perikanan, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Abdus Syakur menuturkan, DKP Aceh senantiasa berupaya untuk menekan inflasi yang ditimbulkan oleh kenaikan komoditas perikanan agar tidak terlalu membebani masyarakat.

“Namun untuk mengatasi hal ini tentu saja harus melalui bauran kebijakan yang tepat. Tidak saja dengan operasi pasar seperti bazar ikan yang kita lakukan tetapi juga faktor produksi nelayan ke laut pun harus tersedia dan terjamin. Misalnya ketersediaan BBM untuk nelayan,” ucap Syakur. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments