Senin, Juni 24, 2024
Google search engine
BerandaBus Kurnia Terbakar di Pidie, 12 Penumpang Selamat

Bus Kurnia Terbakar di Pidie, 12 Penumpang Selamat

Sigli (Waspada Aceh) – Bus Kurnia No Pol BL 792 PB musnah terbakar Minggu subuh tadi (8/3/2020), di ruas jalan nasional Banda Aceh-Medan, tepatnya di tanjakan Cot Mesen Gileng, Gampong Simpang Beutong, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie.

Diduga bus terbakar akibat arus pendek atau korsleting listrik pada bagian mesin yang terletak di belakang bus. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, semua penumpang yang berjumlah 12 orang dan tiga orang awak bus berhasil menyelamatkan diri.

Begitu pun dengan barang bawaan penumang dapat segera diselamatkan, sebelum api menghanguskan seluruh bagian bus. Kecuali ratusan kilo buah jeruk, terlihat dalam kondisi terbakar bersama bangkai bus.

Kasat Lantas Polres Pidie AKP Dede Kurniawan, membenarkan peristiwa kebakaran bus Kurnia tersebut. Kata dia, saat ini petugas masih di lokasi tempat terjadinya peristiwa kebakaran bus penumpang itu.

“Benar tadi telah terjadi kebakaran bus Kurnia, dan saat ini anggota kita masih di lokasi kejadian,” kata AKP Dede Kurniawan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie, Dewan Ansari, mengatakan, dalam upaya memadamkan api yang membakar bus Kurnia tersebut pihaknya berkoordinasi dengan BPBD Aceh Besar, karena posisi mereka lebih dekat. Sementara BPBD Pidie, kata Dewan Ansari, mengerahkan satu unit armadanya.

Sopir bus Kurnia, Edo Alberto MDM, 31, mengatakan, kebakaran tersebut berawal saat bus yang dikendarainya sedang melaju dari arah Kota Sigli menuju Kota Banda Aceh sekitar pukul 05.50 WIB.

Dia bermaksud memberhentikan bus di masjid untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah, tepatnya di Masjid Saree, Kabupaten Aceh Besar. Namun setibanya di lokasi kejadian, muncul percikan api dari bagian mesin bus, yang tidak lama kemudian api terus membesar.

Selanjutnya Edo bersama dua orang kernetnya langsung menghentikan bus di pinggir jalan, dan selajutnya keluar menyelamatkan diri serta membantu mengevakuasi semua penumpang berikut barang-barang bawaan penumpang yang ada di dalam bus.

“Ini Bus Mega Trend, bang. Biasanya baik-baik saja dan tidak ada kendala apapun. Namun ini naas, tiba-tiba saja sudah keluar api dari belakang. Kami membantu menyelamatkan penumpang berserta barang barangnya keluar. Alhamdulilah semua penumpang selamat,” katanya. (m.riza)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER