Jumat, Mei 24, 2024
Google search engine
BerandaBC Aceh Musnahkan Rokok Ilegal

BC Aceh Musnahkan Rokok Ilegal

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Petugas Bea Cukai (BC) memusnahkan puluhan dus rokok ilegal yang disita di Lhokseumawe dan Meulaboh. Pemusnahan dilakukan di halaman Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Aceh yang berada di kawasan Lueng Bata, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, Selasa (10/7/2018).
Kakanwil Bea Cukai Aceh, Agus Yulianto mengatakan, puluhan ribu batang rokok  disita Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) C Lhokseumawe dan Meulaboh dalam upaya memberantas peredaran rokok ilegal.
“Upaya ini merupakan aksi nyata bea cukai dalam menciptakan perlakuan yang adil bagi industri rokok yang telah patuh dengan segala ketentuan yang berlaku. Diharapkan dengan penindakan ini tidak ada lagi beredar rokok ilegal,” ujarnya.
Agus menjelaskan, jumlah rokok yang disita oleh KPPBC TMP C Lhokseumawe kali ini sebanyak 81.552 batang berbagai jenis dengan potensi kerugian negara senilai Rp32 juta lebih. Rata-rata, rokok yang disita tidak memiliki pita cukai seperti rokok legal umumnya.
“Sementara di Meulaboh jumlah yang disita sebanyak 308.953 batang berbagai jenis dengan kerugian negara senilai Rp124 juta lebih. Penyitaan dan pemusnahan rokok ilegal ini dinyatakan barang milik negara dan pemusnahannya sudah disetujui,” jelasnya.
Di Aceh sendiri, peredaran rokok ilegal tidak terlalu liar seperti di daerah lain, misalnya Pulau Jawa. “Namun tetap kita pantau terus peredarannya di pasaran. Kita kerap lakukan sejumlah operasi, namanya Operasi Gempur. Kita masih melakukan penyelidikan lebih lanjut setelah menyita puluhan ribu batang rokok ilegal ini,” tambah Kakanwil.
Ratusan ribu batang rokok ilegal ini dimusnahkan dengan cara dibakar hingga habis di sejumlah tong pembakaran yang sebelumnya sudah dipersiapkan. Dalam kesempatan itu, turut hadir perwakilan sejumlah instansi terkait. (b01)
BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER