Kamis, September 19, 2024
BerandaOlahragaRebut Medali Emas, Nurul Akmal Pecahkan Rekor PON XXI 2024

Rebut Medali Emas, Nurul Akmal Pecahkan Rekor PON XXI 2024

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Nurul Akmal, lifter internasional asal Aceh, kembali mencatatkan prestasi gemilang di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

Pada kompetisi yang berlangsung di Seuramoe Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Aceh, Kompleks Stadion Harapan Bangsa (SHB), Selasa (10/9/2024).

Nurul Akmal, yang akrab disapa Amel, berhasil meraih medali emas di kelas +87 kg putri dengan total angkatan 248 kg. Prestasi ini tidak hanya mengantarkannya meraih medali emas keempat bagi Tim Angkat Besi Aceh, tetapi juga memecahkan rekor PON.

Amel, yang sebelumnya menyulut api pada Upacara Pembukaan PON XXI, mengungguli rekor PON pada angkatan clean and jerk dengan beban 143 kg, mengalahkan rekor sebelumnya yang tercatat 142 kg. Sementara itu, medali perak diraih oleh Jihan Syahrini dari Jambi dengan total angkatan 225 kg, dan medali perunggu oleh Rizka Oktaviana dari Kalimantan Barat dengan total angkatan 219 kg.

“Keberhasilan Amel merebut medali emas pada PON 2024 juga menjadi catatan rekor baru. Dia satu-satunya atlet angkat besi putri dari Aceh yang sukses merebut medali emas pada tiga kali PON berturut-turut,” ujar Effendi Eria, Kepala Pelatih Tim Angkat Besi.

Sejak PON XIX Tahun 2016 di Jawa Barat, Amel telah konsisten meraih medali emas, dan terus mempertahankan prestasinya pada PON XX Tahun 2021 di Papua dan PON XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumut. Di arena pertandingan, sorak-sorai pendukung Amel memadati lokasi dan semakin menggemuruh saat Amel berhasil mengangkat beban 143 kg dengan sempurna.

Dengan prestasi ini, Amel memperbaharui rekor yang sebelumnya tercipta di Auditorium Universitas Cenderawasih, Abepura, pada PON XX Tahun 2021.

Ketua Umum KONI Aceh, H. Kamaruddin Abu Bakar, yang lebih dikenal dengan Abu Razak, hadir langsung di arena pertandingan untuk memberi dukungan kepada Amel. “Alhamdulillah, hari ini Nurul Akmal kembali memberikan kebanggaan bagi masyarakat Aceh. KONI Aceh menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya.

Sumbangsih Nurul Akmal untuk Aceh sungguh tidak dapat dinilai dengan apapun. Kami akan berupaya semaksimal mungkin, baik itu dalam bentuk bonus uang tunai maupun penghargaan lainnya,” kata Abu Razak.

Prestasi Amel tidak hanya membanggakan masyarakat Aceh tetapi juga menambah deretan sukses atlet Aceh di kancah nasional dan internasional. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER