1 Jemaah Haji asal Lhokseumawe Meninggal Dunia di Arab Saudi

    BERBAGI
    ILUSTRASI. (Foto/wikipedia.org)

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Seorang jemaah haji asal Kota Lhokseumawe, Aceh, bernama Muhammad Yusuf Dadeh, 70, dilaporkan meninggal dunia di Arab Saudi pada pukul 5.00 pagi waktu Arab Saudi, Minggu (4/6/2023).

    Muhammad Yusuf Dadeh, yang memiliki paspor C6319460, termasuk dalam kloter 04-BTJ. Ia wafat di Rumah Sakit Umum Madinah Almunawarah, Madinah.

    Ketua kloter 04-BTJ, Zulkifli, memberitahukan kepada Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari, mengenai meninggalnya Muhammad Yusuf melalui aplikasi pesan daring.

    Berdasarkan sertifikat kematian (CoD) yang dikeluarkan oleh KKHI Madinah, diduga almarhum mengalami gastroenteritis, yaitu peradangan atau iritasi pada usus, dan dehidrasi. Selain itu, ia juga mengidap diabetes mellitus.

    Sebelumnya, almarhum dirujuk ke KKHI pada hari Jumat, 2 Juni 2023, dan kemudian dirujuk ke RSU Madinah Almunawarah Sabtu kemarin.

    “Pertama kita bawa ke KKHI saat kritis, kemudian dibawa ke RSU Madinah, dan di sanalah almarhum meninggal,” ungkap Zulkifli.

    Ketua PPIH Aceh, Azhari, menyatakan saat ini petugas kloter bersama pihak maktab sedang mengurus pemulangan jenazah.

    “Insya Allah, jenazah akan dimakamkan di Baqi. Kita doakan semoga segala dosa almarhum diampuni dan ditempatkan di sisi Allah SWT,” kata Azhari. (*)