Minggu, Juni 23, 2024
Google search engine
BerandaDisbudpar AcehWisata Pante Cemara Dongkrak Ekonomi Masyarakat Ujung Batee

Wisata Pante Cemara Dongkrak Ekonomi Masyarakat Ujung Batee

Tapaktuan (Waspada Aceh) – Meski cuaca mendung, tak menyurutkan penulis bersama seorang teman mengujungi Pantai Cemara Indah Ujong Batee, Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selatan, Sabtu sore (2/7/2022).

Tampak ratusan pohon cemara tumbuh berjejer di sepanjang bibir pantai lokasi wisata tersebut. Pantai Cemara Indah Ujong Batee, sekarang sering dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah di hari libur. Pengunjung tetap memperhatikan kearifan lokal daerah itu.

Memasuki wisata pantai cemara ini para wisatawan tidak dipungut biaya masuk dan pakir, kecuali di hari libur besar. Setiap hari libur di lokasi ini dikunjungi 300 hingga 500 orang.

Selain pantainya yang indah, lokasi wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti kolam permandian anak-anak, spot foto, arena sport center, outbond, wisata kuliner, jogging track.

Kemudian pondok dengan ukuran bervariasi juga dapat digunakan para pengunjung. Di sini juga menyediakan berbagai macam minuman dan makanan di cafe-cafe yang dapat dinikmati para wisatawan.

Keuchik Ujung Batee, Saiful, kepada penulis, mengatakan, pergerakan awal Pantai Cemara Indah dimulai sejak 2013 oleh masyarakat daerah itu.

Wisata ini dikelola Badan Usaha Milik Gampong (BUMD) Bungong Seulanga melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan sudah memiliki SK dari Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan.

“PAD lokasi ini dikelola oleh BMUD Bungong Seulanga sebesar RP50 juta per tahun, sekarang telah menurun menjadi Rp30 juta per tahun, pengaruh COVID-19 yang melanda Indonesia lalu,” jelasnya.

Kehadiran lokasi wisata Pantai Cemara Ujung Bate ini sudah sangat bermanfaat yakni mendongkrak ekonomi masyarakat setempat. Buktinya sebanyak 43 kafe warganya telah terbangun di sini.

“Pasca matinya pala, ekonomi masyarakat kami menurun, namun dengan hadirnya lokasi wisata ini 35 persen masyarakat kami telah terbantu ekonominya,” katanya.

Dia menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan sangat mendukung pembangunan lokasi wisata ini dengan membantu membangun fasilitas pendukung di wisata tersebut.

“Selama ini dukungan Pemerintah Aceh Selatan sangat bagus seperti mempromosi wisata. Seperti tahun 2021 pemerintah Aceh Selatan telah mengalokasikan anggaran 10 miliar lebih untuk pembangunan jalan, jebatan dan lainnya di wisata ini,” terangnya.(Faisal)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER