Beranda Aceh Warga Gampong Meunasah Baet Aceh Besar Sembelih 6 Ekor Sapi dan 14...

Warga Gampong Meunasah Baet Aceh Besar Sembelih 6 Ekor Sapi dan 14 Ekor Kambing

BERBAGI
Panitia sedang memotong daging hewan qurban di Gampong Meunasah Baet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Rabu (21/7/2021). (Foto/Cut Nauval Dafistri)

Aceh Besar (Waspada Aceh) – Dalam kondisi pandemi COVID-19 tidak mengurungkan niat masyarakat Gampong Meunasah Baet, Aceh Besar, untuk melaksanakan qurban pada hari kedua Idul Adha 1442 H, Rabu (21/7/2021).

Sekretaris Gampong Meunasah Baet, Aceh Besar, Musliadi mengatakan, ada sebanyak 6 ekor sapi dan 14 ekor kambing yang disembelih tahu ini. Dia mengatakan, penyembelihan hewan qurban dengan gotong royong rutin dilakukan di gampongnya setiap Hari Raya Idul Adha. Tradisi kebersamaan ini juga berlangsung di gampong-gampong lainnya dalam wilayah Aceh.

“Alhamduliah, tahun ini Gampong Meunasah Baet menyembelih hewan qurban sebanyak enam ekor sapi dan empat belas ekor kambing,” tutur Musliadi saat ditemui Waspadaaceh.com, Rabu (21/7/2021).

Pantauan Waspadaaceh.com, pemotongan hewan qurban tersebut dilaksanakan di halaman Meunasah Baet. Tampak panitia dengan cekatan memotong dan memilih daging sapi dan kambing lalu membagi rata dalam tumpukan yang sudah diatur. Baru kemudian dimasukkan dalam kantor plastik dan dibagikan setelah shalat Zhuhur.

Kata Musliadi, daging tersebut dibagikan kepada seluruh lapisan masyarakat yang berdomisili di Gampong Meunasah Baet. Sejak tiga hari yang lalu panitia sudah membagian kupon kepada penerima untuk pengambilan daging qurban tersebut.

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban juga tetap melaksanakan protokol kesehatan, tidak terjadi kerumunan. Panitia menyediakan wastafel untuk cuci tangan, serta membersihkan area dan peralatan setelah semua proses penyembelihan selesai dilaksanakan.

Musliadi juga mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah berqurban. Begitu juga kepada seluruh panitia yang telah mengkoordinir pelaksanaan penyembelihan hingga pembagian daging qurban kepada masyarakat.

“Semoga dan mudah-mudahan di tahun mendatang juga bisa bertambah jumlah hewan-hewan qurban untuk disembelih,” ujarnya. (Cut Nauval Dafistri)