Jumat, Juni 21, 2024
Google search engine
BerandaUpdate Corona di Sumut: 2 Positif, 36 PDP dan 205 ODP

Update Corona di Sumut: 2 Positif, 36 PDP dan 205 ODP

Medan–Pasien dalam pengawasan (PDP) di Provinsi Sumatera Utara, tercatat hingga Jumat malam (20/3/2020), meningkat menjadi 36 orang. Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Corona atau COVID-19 Provinsi Sumatera Utara juga mencatat sebanyak 205 orang berstatus ODP.

“Saat ini, ada 36 PDP yang dirawat di 12 rumah sakit di Sumut,” kata Ketua Satgasus Corona, Riadil Akhir Lubis.

Riadil mengatakan, peningkatan ini berdasarkan penelusuran riwayat kontak PDP dan dua pasien yang sebelumnya dinyatakan positif. Dua pasien positif itu, salah seorang diantaranya telah meninggal dunia, dan satu orang sedang menjalani isolasi di RSU Pusat H. Adam Malik (RSUPHAM) Medan.

Peningkatan PDP ini juga karena sebagian besar orang tersebut baru kembali dari negara terjangkit. Lalu orang yang berstatus ODP juga tidak taat menjalani isolasi mandiri sehingga statusnya meningkat. Bahkan, banyak ODP yang malah keluar rumah.

Jika dalam 14 hari ODP ini masih tidak taat, maka statusnya juga akan semakin meningkat. Selain itu, ODP juga meningkat tajam menjadi 205 orang dari sebelumnya hanya 49 orang.

“Peningkatan ODP ini karena kita melakukan penyelidikan epidemeologi dan pelacakan kepada 2 orang pasien positif sebelumnya. Hasilnya, terjadi kontak langsung dengan banyak orang lainnya,” ujar Kadis Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan.

Alwi menambahkan, untuk ODP yang tidak taat menjalani isolasi mandiri di rumah, pihaknya berencana akan melibatkan pihak kepolisian. (sulaiman achmad)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER