Beranda Aceh Uji Coba Pembelian Pertalite Pakai QR Code di Banda Aceh, Begini Caranya

Uji Coba Pembelian Pertalite Pakai QR Code di Banda Aceh, Begini Caranya

BERBAGI

Banda Aceh (Waspada Aceh) – PT Pertamina Patra Niaga akan melanjutkan uji coba Sistem Subsidi Tepat untuk pembelian jenis bahan bakar minyak khusus penugasan (JBKP) Pertalite di Banda Aceh. Penerapan ini dilakukan dengan pembelian Pertalite menggunakan QR Code.

“Pertamina Patra Niaga akan melakukan Uji Coba Sistem Subsidi Tepat pembelian Pertalite di Banda Aceh,” ujar Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, Rabu (25/1/2023).

Dia menjelaskan, Banda Aceh terpilih menjadi kota yang diujicobakan penerapan QR Code untuk pembelian Pertalite mulai 26 Januari 2023. Uji Coba Sistem Subsidi Tepat ini untuk pembelian Pertalite hanya berlaku untuk roda empat.

Penetapan wilayah uji coba mempertimbangkan beberapa faktor antara lain kesiapan infrastruktur digital dan kesiapan bantuan untuk pendaftaran di lapangan. Penetapan wilayah uji coba ini juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah.

“Tujuan Uji Coba Sistem Subsidi Tepat Pertalite ini dilakukan untuk melihat kesiapan sistem penyaluran Pertalite menggunakan QR Code dan digitalisasi penyaluran Pertalite, agar penyaluran Pertalite tepat kuota,” ujarnya.

Begini Cara Beli Pertalite di Banda Aceh Pakai QR Code

– Masyarakat melakukan pendaftaran Program Subsidi tepat melalui website subsiditepat.mypertamina.id.

– Saat mendaftar masyarakat perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan diupload melalui website yaitu Foto KTP, Foto Diri, Foto STNK (tampak depan dan belakang), Foto Kendaraan tampak keseluruhan, Foto Kendaraan tampak depan Nomor Polisi dan Foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR.

– Kemudian kode QR bisa dicetak (print out) atau discreenshot secara soft copy untuk digunakan di SPBU Pertamina.

“Masyarakat yang sudah mendaftarkan kendaraannya dan memiliki QR Code akan dilayani pembelian Pertalite maksimal 120 liter per hari. Sedangkan, masyarakat yang kendaraannya belum memiliki QR Code dan belum mendaftar akan tetap dilayani namun dengan volume maksimal 20 liter per hari,” jelasnya.

Untuk mempermudah pendaftaran, Pertamina menyiapkan lokasi booth pendaftaran langsung di SPBU. Lokasi booth pendaftaran bisa di cek melalui website mypertamina.id/lokasi-pendaftaran-offline-bbm-subsidi-tepat. Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Pertamina Call Center 135. (*)

BERBAGI