Minggu, April 21, 2024
Google search engine
BerandaAcehSiswa SMAN 3 Banda Aceh Wakili Indonesia Ikut Olimpiade ke Jerman

Siswa SMAN 3 Banda Aceh Wakili Indonesia Ikut Olimpiade ke Jerman

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh, Pieter Changcherta meraih mendali emas pada Olimpiade Biologi Indonesia (OBI) yang dilaksanakan oleh Indonesia Scientific Society (ISS).

ISS adalah mitra kerja Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) yang merupakan unit kerja dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdibudristek) RI.

Pieter meraih medali emas pada grand award Olimpiade Biologi Indonesia sekaligus mewakili Indonesia ke olimpiade tingkat internasional di Jerman. Penyelenggaraan olimpiade itu berlangsung dari 27-30 Oktober 2022 di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat, Kota Bandung. Sementara pemberian grand award pada Minggu malam (30/10/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri mengakui sangat gembira atas capaian dari siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh yang mampu meraih medali emas pada olimpiade tersebut.

“Selamat Pieter Changcherta atas perjuangannya dalam meraih medali emas di pentas nasional dengan mengharumkan nama Provinsi Aceh,” kata Alhudri, di Banda Aceh, Selasa (1/11/2022).

Menurut Alhudri, peserta didik dari Aceh mampu bersaing di tingkat nasional, bahkan dalam Minggu ini siswa SMK Negeri 1 Tapaktuan meraih dua medali emas pada ajang OSPAN 2022 tingkat nasional bidang studi Fisika dan Bahasa Inggris.

Sementara, dua hari lalu siswa SMK Negeri 2 Banda Aceh juga meraih dua medali emas lomba kompetensi siswa (LKS) SMK di tingkat nasional, serta baru saja siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh akan mewakili Indonesia ke olimpiade internasional di Jerman.

“Bentuk apresiasi itu, saya akan menjemput langsung sang juara besok pagi di Bandara Sultan Iskandar Muda dengan mengalungkan bunga dan melakukan jamuan di opp room Disdik Aceh,” ucapnya.

Sementara Kepala SMA Negeri 3 Banda Aceh, Muhibbul Khibri menjelaskan, jumlah peserta OBI masuk ke babak semifinal sebanyak 334 orang peserta dari seluruh Indonesia. Kemudian hanya tersisa 97 orang yang berhasil masuk ke babak final.

“Alhamdulillah, Pieter Changcherta yang dibimbing oleh Mugiarti menorehkan hasil sempurna dan menjadi yang terbaik dari seluruh peserta se-Indonesia,” ujarnya.

Dia menambahkan, prestasi tersebut sangat mengembirakan dan patut dibanggakan. Upaya ini sebutnya, tak terlepas dari cita-cita dan keinginan dari para siswa serta peran penting guru pembina melalui suport dari semua guru SMA Negeri Banda Aceh.

“Semoga prestasi Pieter ditingkat nasional dengan meraih medali emas, dapat memotivasi siswa lainnya dalam meraih prestasi,” tutupnya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER