Jumat, April 19, 2024
Google search engine
BerandaWisata & TravelPesona Danau Sebening Kaca di Dataran Tinggi Gayo

Pesona Danau Sebening Kaca di Dataran Tinggi Gayo

“Bentangan luas Danau Laut Tawar nan membiru menawarkan sensasi lautan, tampak jernih dengan riak air”
——-

Kabupaten Aceh Tengah memiliki beragam destinasi wisata alam. Salah satunya Danau Laut Tawar yang menyajikan pesona keindahan airnya yang bening, dikelilingi hamparan bukit hijau.

Danau ini kebanggaan dan sumber ekonomi masyarakat sekitar. Keindahan danau telah menarik wisatawan untuk datang ke Takengon, ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Tujuh jam lebih perjalanan ditempuh dari Banda Aceh menuju kota dingin ini.

Danau Laut Tawar atau warga setempat menyebutnya Lut Tawar, terbentang dengan luas mencapai 5.472 hektare dan panjang sekitar 17 kilometer. Lebar danau ini sekitar 3 kilometer, dengan kedalaman kolam mencapai 50 meter – 80 meter.

Tim redaksi Waspadaaceh.com, jelang Ramadhan berkesempatan menjelajahi Danau Laut Tawar dan kawasan dataran tinggi Gayo selama dua hari, pada 19-20 Maret 2023.

Danau yang sangat luas dengan air berwarna biru seperti laut lepas, menawarkan keindahan. Riak air sesekali menyapa tepi danau. Air danau pu  tampak bening.

Di tepi danau ini juga sering digunakan sebagai tempat camping (berkemah). Pengunjung biasanya membangun tenda menghabiskan malam di tepi danau yang indah.

Selain itu, hadirnya berbagai penginapan seperti vila dan hotel akan menjadi hunian ikonik tepi danau. Wisatawan dapat menikmati ruang terbuka hijau bersama keluarga.

Salah satu hotel yang menawarkan keindahan Danau Laut Tawar adalah Grand Renggali. Posisi hotel ini persis di tepi danau. Dengan desain modern dan bangunan ala hotel di New Zealand, hotel ini terlihat unik dan menarik. Dari kamar atau dari teras belakang hotel, tamu bisa langsung melihat pemandangan Danau Laut Tawar yang terbentang luas.

Pengunjung juga bisa melihat sampan nelayan yang mencari ikan di danau, dengan memasang jaring. Wisatawan juga dapat melihat puluhan keramba apung untuk budidaya ikan air tawar milik masyarakat sekitar danau.

Keindahan Danau Laut Tawar. (Foto/Cut Nauval)

Dermaga Pante Menye

Salah satu ikon wisata yang menawarkan keindahan Danau Laut Tawar yakni Dermaga Pante Menye. Dermaga ini menawarkan keindahan panorama danau yang indah. Bentuk dermaga ini menarik, unik menggunakan konstruksi dari kayu pilihan dengan desain menyerupai ukiran kerawang Gayo.

Lokasinya berada di Kecamatan Bintang, masih di Kabupaten Aceh Tengah, sekitar 30 menit dari Takengon atau berjarak 21 Km. Saat menempuh perjalanan menuju Dermaga Pante Menye, pengunjung akan mengelilingi danau sehingga dapat menikmati panorama Danau Laut Tawar.

Ketika mengunjungi dermaga ini, seorang pengelola wisata, Putra, tampak memungut biaya masuk per orang Rp5.000. Dengan senyum ramah dia menyambut kedatangan para wisatawan.

Putra mengatakan, destinasi tersebeut telah dibuka sejak tahun 2019. Kini destinasi ini semakin ramai pengunjung, terutama di hari weekend, yakni Sabtu dan Minggu.

Selain menawarkan pemandangan nan indah, destinasi tersebut juga menyediakan berbagai kuliner. Putra juga mengatakan, selain menyajikan kopi khas dataran tinggi Gayo, mereka juga menyediakan pokat kocok yang menjadi menu favorite.

Sambil menikmati kuliner, dari dermaga ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam yang menakjubkan. Di sekeliling danau tampak perbukitan yang indah dan merasakan udara yang sejuk. Pengunjung juga bisa melihat hamparan persawahan dan rumah penduduk desa setempat.

Salah satu pengunjung, Riska Maulina, asal Lhoksumawe memanfaatkan liburan bersama keluarganya ke Takengon untuk menikmati keindahan panorama alam. Mereka tampak berswafoto mengabadikan moment bersama keluarga.

Riska juga mengaku baru pertama mengunjungi destinasi tersebut. Pasalnya ikon wisata Pante Menye ini viral di media sosial. Promosi itu menarik hatinya, sehingga ia memutuskan bersama keluarga, berlibur ke dataran tinggi Gayo, tak lupa Pante Menye.

“Panorama alamnya sangat indah. Kita dapat informasi spot wisata ini dari media sosial, soalnya tempatnya hits dan instagramable,” kata Riska.

Destinasi ini menjadi magnet bagi para wisatawan saat berkunjung ke Takengon.
Angin yang meniup lembut serta pantulan hangat cahaya matahari membuat pengunjung akan merasakan sensasi liburan yang berbeda saat berada di Danau Laut Tawar.

Pengadaan Kapal Wisata dan Dermaga

Saat berwisata ke dataran tinggi Gayo itu tim redaksi Waspadaaceh.com berkesempatan bersilaturrahmi dengan Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan,MT, di Pendopo Bupati Aceh Tengah pada Minggu malam (19/3/2023).

Pj Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT. (Foto/Cut Nauval Dafistri).

Sambil menyeruput kopi Arabika yang disediakan, tim Waspada berbincang terkait berbagai potensi pariwisata di dataran tinggi Gayo.

Teuku Mirzuan menjelaskan, Danau Laut Tawar merupakan salah satu destinasi pariwisata unggulan yang ada di Provinsi Aceh. Menurutnya, dalam beberapa bulan terakhir sudah semakin banyak event wisata dilaksanakan di sekitar Danau Laut Tawar. Hal itu memberikan kesempatan yang luar biasa dalam pengembangan Danau Laut Tawar.

Adanya penataan dan pengembangan kawasan ini akan meningkatkan keindahan Kota Takengon sebagai kota wisata. Meningkatkan ekonomi masyarakat, menciptakan ekonomi kreatif dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dalam pengembangannya, khususnya bagi fasilitas Danau Laut Tawar, lanjut T Mirzuan, pihaknya telah mengajukan permohonan kepada Menteri Perhubungan RI, untuk pengadaan kapal wisata dan dermaga sebagai pendukung pariwisata.

Bila permohonan itu dikabulkan, lanjut Mirzuan, hal itu akan memperkaya objek dan daya tarik wisata di seputaran danau kebanggaan masyarakat Gayo.

“Jadi dengan keberadaan fasilitas ini wisatawan dapat berkeliling danau sambil menyeruput kopi Gayo. Itu akan memberikan pengalaman dan suasana berbeda bagi pengunjung,” kata T Mirzuan.

Bila banyak pengunjung yang datang, menurut Mirzuan, tentunya akan mendukung sektor ekonomi kreatif dan lebih mengenalkan kopi arabika Gayo sebagai varietas unggulan daerah itu. (*)

Waspada Aceh on TV

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER