Sabtu, Maret 2, 2024
Google search engine
BerandaAceh SelatanPemkab Aceh Selatan Gelar Peringatan Hari Santri 2023

Pemkab Aceh Selatan Gelar Peringatan Hari Santri 2023

Tapaktuan (Waspada Aceh) – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menyelenggarakan acara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 yang dipusatkan di Gedung Agam Tapaktuan, Selasa (31/10/2023).

Tema Hari Santri Tahun 2023 ini “Jihat Santri Jayakan Negeri,”.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para santri se Kabupaten Aceh Selatan dan turut dihadiri Ketua MPU Aceh Abu H. Faisal Ali, Pj Bupati Aceh Selatan yang di wakili Plt Sekda Ilham Saputra, S.STP, M.Si, unsur Forkopimda, Asisten Sekdakab, Staf Ahli, Kepala SKPK, Pimpinan Pondok Pasantren, para Camat, Tokoh Ulama, masyarakat dan undangan lainnya.

Ilham Saputra dalam kata sambutannya mengatakan, penetapan hari Santri Nasional yang diperingati setiap bulan Oktober, merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia, pada masa perjuangan kemerdekaan dahulu.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk merenungkan kembali peran santri sebagai sebagai pilar keagamaan dan keilmuan, serta motor penggerak kemajuan bangsa.

“Seorang santri tidak hanya berkewajiban untuk memahami agama dengan baik dan sungguh – sungguh, namun juga bertanggungjawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku sehari – hari. Dengan demikian, sosok santri dapat menjadi contoh yang baik di tengah – tengah masyarakat,” tuturnya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments