Minggu, Juni 23, 2024
Google search engine
BerandaPawai Kemerdekaan RI Tinggalkan Sampah di Jalanan Kota Banda Aceh

Pawai Kemerdekaan RI Tinggalkan Sampah di Jalanan Kota Banda Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Karnaval budaya dan mobil hias dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh, Kamis (18/8/2022), meninggalkan sampah di sepanjang jalan Kota Banda Aceh. 

Berdasarkan pantauan Waspadaaceh.com, sampah tampak berserak di badan jalan dan pusat Kota Banda Aceh yang menjadi rute karnaval budaya. Pada siang hari, sampah masih terlihat berserak di Simpang Lima, Masjid Raya Baiturrahman, Blang Padang dan tempat lainnya yang memang dilewati oleh peserta karnaval.

Salah seorang petugas kebersihan, Jamal menyebutkan, sampah berserakan karena kurangnya kesadaran dari peserta karnaval maupun penonton terhadap kebersihan Kota Banda Aceh.

Dia menilai, panitia maupun guru pendamping tidak mampu mengarahkan peserta karnaval untuk membuang sampah pada tempatnya, sehingga sampah dibuang begitu saja. 

“Sangat kurang kesadarannya. Ini lantaran malas atau tidak tau cara membuang sampah ke tempatnya sehingga masih banyak sampah yang berterbangan,” ucapnya.

Jamal dan petugas kebersihan lainnya mengakui kewalahan membersihkan sepanjang jalan, mengingat sampah yang ditinggalkan lumayan banyak dengan jumlah petugas yang terbatas. Justru hal ini menjadi tugas tambahan bagi “armada kuning,” sebutan untuk petugas kebersihan.

“Petugas kebersihan lainnya sudah pulang tinggal beberapa orang lagi. Seharusnya penonton maupun peserta buang sampah pada tempatnya jangan dibuang begitu saja habis itu pulang,” tuturnya.

Sampai saat ini, kata Jamal, masih banyak titik-titik yang belum tertangani seperti sampah di depan Masjid Raya, Simpang Lima dan Blang Padang.

Sebagaimana diketahui, kegiatan ini digelar oleh Pemerintah Aceh melalui Dispora Aceh yang dilepas oleh Sekda Banda Aceh, Amiruddin, beserta unsur Forkopimda lainnya. (Kia Rukiah)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER