Rabu, Februari 28, 2024
Google search engine
BerandaAcehManajemen FEB USK Gelar Pengabdian di Pidie Jaya

Manajemen FEB USK Gelar Pengabdian di Pidie Jaya

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar pengabdian kepada masyarakat di Pidie Jaya, Aceh, Kamis (31/8/2023)

Pengabdian itu, bertema “Optimalisasi Manajemen Pemerintahan Desa dan Revitalisasi BUMDes di Kabupaten Pidie Jaya”. Dalam pengabdian ini, menghadirkan tiga narasumber untuk memberikan materi seputar tema.

Tiga narasumber tersebut, yaitu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, Zulkifli, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof. Mukhlis Yunus dan Syarifah Evi Zuhra.

Para pemateri menyampaikan bahwa optimalisasi manajemen pemerintahan desa dilakukan untuk memastikan bahwa aktivitas-aktivitas pemerintahan di tingkat desa berjalan sebagaimana yang telah direncanakan agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai sesuai target.

Prof Mukhlis Yunus menyampaikan bahwa peran BUMG sangat strategis dalam meningkatkan skala ekonomi masyarakat gampong. Pidie Jaya mempunyai sejumlah sumber daya yang dapat dikembangkan melalui Bumdes.

Untuk memastikan bahwa pengembangan sumber daya tersebut dapat berkembang, menurutnya harus dilakukan studi kelayakan, pendampingan dan konsultasi yang intens. Dalam konteks ini, FEB siap melakukan studi kelayakan, menjadi pendamping dan konsultan jika diperlukan.

Sementara itu, Zulkifli memaparkan tentang kondisi BUMG di Pidie Jaya dan sejumlah data sektor usaha BUMG se-Aceh. Selain itu, dia juga menjelaskan tentang arah kebijakan pemberdayaan ekonomi gampong melalui BUMG, yaitu pengembangan secara tematik, fokus pada usaha produktif dan inovatif, dijalankan secara kolaborasi, dan pendampingan secara berkelanjutan.

Sedangkan, Syarifah Evi Zuhra menyampaikan terkait pentingnya peningkatan skala usaha Bumdes untuk meningkatkan pendapatan masyarakat gampong. Syarifah Evi juga menjelaskan upaya-upaya yang harus dilakukan dalam upaya meningkatkan optimalisasi Bumdes.

Upaya tersebut di antaranya mengundang motivator, membuat workshop, menyusun Standart Operational Procedure (SOP) dan memberikan beberapa contoh Bumdes yang sudah berhasil berkat hasil pengabdian dari Tim Jurusan Manajemen FEB USK.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi, dihadiri oleh Sekda Kabupaten Pidie Jaya, para asisten, kepala dinas, camat, Ketua Forum Geuchik dan para ketua BUMG yang ada di Pidie Jaya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments