Kamis, Juni 20, 2024
Google search engine
BerandaAcehMahasiswa KPM STIA Nasional Ajak Warga Aktifkan Shalat Wajib Berjamaah

Mahasiswa KPM STIA Nasional Ajak Warga Aktifkan Shalat Wajib Berjamaah

Aceh Utara (Waspada Aceh) – Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) kelompok III Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Nasional Lhokseumawe, mengajak warga di Gampong Blang Kecamatan Tanah Pasir, Aceh Utara, mengalakkan shalat lima waktu berjamaah.

Mahasiswa tersebut mengajak sambil mempraktikkan bahwa bila sudah masuk waktu, mereka segera ke masjid atau mushalla (meunsah) terdekat, untuk melaksanakan shalat berjamaah. Salah seorang mahasiswa mengumandangkan azan, baik untuk shalat Dzuhur, Asyar, Maghrib dan waktu shalat wajib lainnya.

Ketua kelompok III mahasiswa KPM-STIA Nasional, Mursalin, mengatakan program tersebut merupakan salah satu program spiritual yang dihidupkan mahasiswa KPM-STAI Nasional Lhokseumawe, ketika berkunjung ke desa.

“Selama ini masyarakat saat shalat Dzuhur dan Asyar, mereka lebih memilih shalat di rumah masing-masing. Namun dengan kita aktifkan azan itu, masyarakat akan datang ke meunasah untuk menunaikan shalat secara berjamaah,” kata Mursalin Minggu (19/01/2020).

Menurutnya dalam Qanun nomor 11 tahun 2002, tentang aqidah, ibadah dan syi’ar Islam salah satunya ibadah, setiap gampong harus menggalakkan shalat berjamaah lima waktu, dan termasuk peraturan bupati (Perbub) nomor 33 tahun 2014 tentang pelaksanaan penguatan syariat Islam. (Riri).

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER