Sabtu, Maret 2, 2024
Google search engine
BerandaGaya HidupLentera Sawah Hijau, Destinasi Baru di Aceh Besar Menyegarkan Mata

Lentera Sawah Hijau, Destinasi Baru di Aceh Besar Menyegarkan Mata

Di tengah teriknya mentari, angin sepoi-sepoi menghadirkan ketenangan tersendiri.

Hamparan hijaunya persawahan yang membentang luas berlatar Bukit Barisan hijau, angin sepoi-sepoi yang menyejukkan, membuat hati terasa tenteram.

Sesekali burung-burung bangau putih melintas berterbangan, Di tengah-tengah sawah, terdapat jembatan panjang berwarna-warni yang menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Spot ini bernama Lentera Sawah Hijau berlokasi di Gampong Kueh, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Untuk menuju lokasi dari Kota Banda Aceh jaraknya sekitar 11 km atau 20 menit perjalanan.

Jurnalis Waspadaaceh.com menyambangi lokasi ini pada Jumat (2/2/2024). Tiket masuk ke lokasi wisata ini masih terjangkau, Rp5.000 per orang. Setiap sore, ada juga penjual gorengan, makanan, dan minuman yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Wisata ini juga menyediakan fasilitas sewa payung dan topi, dengan harga Rp5.000 per item. Di tengah teriknya mentari, angin sepoi-sepoi menghadirkan ketenangan tersendiri.

Kami memutuskan untuk beristirahat sejenak di sebuah pondok yang berdiri di atas jembatan. Dari sana, kami bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona dan mengabadikan momen dengan berswafoto.

Wisata Lentera Sawah Hijau ini dibuka sejak Oktober 2023, sebagai salah satu ikon Desa Wisata di Gampong Kueh. Inisiatif ini berasal dari pemuda setempat, yang kemudian mendapat dukungan dari aparat gampong dan pemerintah.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, sekaligus melestarikan lingkungan dan budaya lokal.

“Kami ingin memanfaatkan potensi alam yang ada di desa kami, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Ferdi Akbar, 20, salah satu pemuda Gampong Kueh yang terlibat dalam pengelolaan wisata ini.

Menurut Ferdi, wisatawan yang berkunjung ke Lentera Sawah Hijau berasal dari berbagai daerah, terutama pada akhir pekan. “Sabtu dan Minggu bisa mencapai 500 orang wisatawan. Kebanyakan mereka mendapat info dari sosial media,” ujarnya. Destinasi ini dibuka mulai pukul 9:00 – 18:00 WIB.

Pihaknya terus berupaya untuk memperbaiki dan mengembangkan fasilitas di Lentera Sawah Hijau. “Dalam bulan Maret ini akan dibangun. Ini masih dalam tahap pembenahan. Kami akan bangun jembatan baru, tempat kuliner, dan cafe berbentuk kapal,” tuturnya.

Salah satu pengunjung, Nita, mengaku terpesona dengan keindahan Lentera Sawah Hijau. Ia datang bersama rekan kerjanya dari Banda Aceh.

“Pemandangannya bikin adem, menyegarkan mata, meskipun cuaca lagi panas, tapi merasakan angin dari persawahan sawah yang menyejukkan, saya suka pemandangan sawah dan ilalangnya. berharap ada spot foto lebih bnyak lagi dan juga ada kulinernya,” ujarnya.

Ferdi berharap, dengan adanya Lentera Sawah Hijau, masyarakat Gampong Kueh bisa mendapat manfaat dan lapangan kerja khususnya bagi masyarakat Gampong Kueh. Selain itu, ia juga berencana untuk membuka spot kuliner dan juga tempat souvenir khas daerah.

“Berharap agar desa wisata ini semakin maju dan dikenal luas. Hingga berdampak bagi perekonomian masyarat sekitar,” jelasnya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments