Senin, April 15, 2024
Google search engine
BerandaAcehKementan Bantu 42 Unit Pompa Air kepada Petani Nagan Raya

Kementan Bantu 42 Unit Pompa Air kepada Petani Nagan Raya

Suka Makmue (Waspada Aceh) – Kementerian Pertanian Republik Indonesia, membantu 41 unit pompa air untuk petani dalam Kabupaten Nagan Raya pada tahun 2024.

Bantuan mesin pompa air tersebut diberikan untuk memudahkan percepatan musim tanam, meningkatkan hasil panen, serta untuk mengatasi permasalahan kekeringan.

Tahun 2024 ini, petani Nagan Raya akan mendapatkan 41 unit pompa air, berdasarkan usulan kepada Kementan RI, kata Kadistannak Nagan Raya, drh.Safridhal, Kamis (28/3/2024) kepada Waspadaaceh.com.

Menurut Safridhal, Kabupaten Nagan Raya memiliki luas lahan baku sawah (LBS) mencapai 5.849.04 hektare yang tersebar dalam 9 kecamatan di kabupaten tersebut.

Program pompanisasi yang digagas oleh Kementan RI itu, dikhususkan untuk lahan sawah dengan masa tanamnya masih rendah, namun memiliki sumber air permukaan yang tersedia, ujarnya.

Dengan lahirnya program pompa air tersebut, dapat meningkatkan masa tanam, dari 1 kali menjadi 2 kali, bahkan 3 kali panen dalam setahun, kata Safridhal.

Dia juga menyebutkan, bantuan pompa air itu, akan didistribusikan kepada 41 kelompok tani yang tersebar di 7 kecamatan, yang memiliki indeks pertanaman serta target luas lahan yaitu 663 hektare.

Selain itu, ujarnya, jumlah tersebut merupakan hasil dari tinjauan lapangan dari Distannak, Kodim 0116 Nagan Raya serta Dinas PUPR, yang juga sebagai verifikator pada proses usulan tersebut. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER