Beranda Info Aceh Jaya Hujan Bukan Hambatan Pokdarwis Pantai Nisero Panga Gelar Camping Ground

Hujan Bukan Hambatan Pokdarwis Pantai Nisero Panga Gelar Camping Ground

BERBAGI
Lokasi Camping Ground Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Nisero, Desa Kuta Tuha Kecamatan Panga, Aceh Jaya, Sabtu malam (17/9/2022). (Foto/Ist)

Calang (Waspada Aceh) – Hujan yang mengguyur wilayah Aceh Jaya tidak menyurutkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Nisero, Desa Kuta Tuha Kecamatan Panga, Aceh Jaya, menggelar Camping Ground di kawasan pantai desa tersebut, Sabtu malam (17/9/2022).

“Kegiatan Camping Ground di Pantai Nisero Panga berjalan sesuai dengan rencana. Walau sedikit kendala karena hujan, namun partisipasi pengunjung lebih dari 100 orang yang hadir dengan jumlah 10 tenda family dan satu tenda pleton yang tersedia,” ujar Rizal Efendi, ketua Pokdarwis Pantai Nisero Panga.

Effendi menjelaskan, saat berlangsungnya acara, pihaknya menyajikan kuah cue dan ikan panggang untuk menu para pengunjung.

“Kegiatan ini tidak dipungut biaya sepersen pun kepada peserta. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk pengembangan dan memperkenalkan lokasi Pantai Nisero kepada masyarakat luas.” ujar Effendi.

Kedepan, lanjutnya, Pokdarwis Pantai Nisero membuka diri dan siap bekerjasama dengan komunitas, lembaga, organisasi mana pun untuk melaksanakan kegiatan camping ground di Kuala Panga.

“Pokdarwis Pantai Nisero Desa Kuta Tuha Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya merupakan binaan Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Jaya. 20 Orang siap berkerjasama dengan pihak mana pun untuk mengembangkan wisata di pantai bersejarah ini,” ungkapnya.

Effendi menambakan, dana terkumpul dari sponsor untuk pelaksanaan kegiatan tersebut sebanyak Rp5.500.000. Menurutnya, sumbangan tersebut sangat spektakuler dan bentuk dukungan kepada para pelaku wisata Aceh Jaya.

“Terima kasih setinggi tingginya atas segala bentuk bantuan yang diberikan. Kegiatan ini emang jauh dari kata cukup baik. Selama berlangsung kegiatan hujan sehingga banyak kegiatan yang tertunda. Insya Allah, kedepan akan kita tuangkan dalam bentuk event dengan persiapan yang lebih matang lagi,” cetusnya.

Kepala Disparekrafpora Aceh Jaya, Juanda, turut hadir pada kegiatan tersebut. Ia menyampaikan, perlu kerjasama dalam menciptakan wisata berbasis ekonomi bagi pelakun wisata.

“Apa yang sudah digagas dan dilakukan oleh Pokdarwis Pantai Nisero ini patut dicontoh oleh Pokdarwis di daerah lain. Semoga semangat untuk membenah dan mempromosikan potensi wisata yang ada di Aceh Jaya semakin meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Nazarullah, Keuchik Gampong Kuta Tuha Kecamatan Panga berharap kepada Pokdarwis Pantai Nisero untuk terus jalan dan meningkatkan pengembangan wisata di pantai tersebut

“Jika mereka serius, kami apa lagi. Anggaran dana desa akan kita plotkan di tahun 2023 nanti untuk pengembangan wisata berbasis ekonomi. Kita dorong para kelompok wisata hingga berhasil dan kita berharap kelompok wisata Pantai Nisero bisa melahirkan wisata khas, sehingga bisa masuk dalam daftar desa wisata,” ujarnya.

Keuchik Naza mengatakan ini juga tidak lepas dari dukungan para penggiat wisata, aktivis lingkungan, media, rakan pencinta wisata dan pemerintah daerah.

“Semoga ini awal yang baik bagi Pokdarwis dalam melakukan pengembangan potensi wisata Pantai Nisero Kuta Tuha Kecamatan Panga,” pungkasnya. (Zammil)

BERBAGI