Hasil Labfor: Kebakaran Suzuya Mal karena Gagalnya Sistem Elektrikal Lampu

    BERBAGI
    Asal api mulai menyala dilihat berdasarkan CCTV. (Foto/Humas Polda)

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Cabang Sumatera Utara terkait kebakaran Suzuya Mal Banda Aceh, pada 7 April 2022, karena gagalnya sistem elektrikal pada lampu.

    Hal itu disampaikan Polda Aceh melalui rilis yang diterima Waspadaaceh.com, Selasa (17/5/2022).

    Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan, berdasarkan penyelidikan dan analisa yang dilakukan tim labfor, disimpulkan bahwa penyebab kebakaran pusat pembelanjaan tersebut karena gagalnya sistem elektrikal pada lampu TL LED yang dipicu sambungan longgar, sehingga timbul akumulasi panas serta menyebabkan kebakaran.

    Fakta lain, kata Winardy, lokasi api pertama diketahui di lantai dua gudang departement store yang berada pada bangunan tambahan di dinding belakang bangunan utama Suzuya Mal. Hal itu diketahui berdasarkan bukti CCTV yang ada.

    “Dalam bukti CCTV yang ada, sangat jelas bahwa lampu LED jatuh ke bawah mengenai lantai kayu dan barang. Di mana saat lampu jatuh sudah diikuti dengan api. Itu terjadi di lantai dua,” jelas Winardy.

    Terkait dengan analisa teknisnya, Winardy juga menyebut bahwa ditemukan kerusakan akibat pemanasan tinggi pada salah satu ujung sarang lampu di lokasi api pertama kebakaran.

    Sehingga, kata Winardy, disimpulkan bahwa kebakaran terjadi karena gagalnya sistem elektrikal lampu TL LED dan terbakar akibat persambungan yang longgar. (Kia Rukiah)

    BERBAGI