Minggu, Mei 26, 2024
Google search engine
BerandaAcehHarimau Sumatera Masuk Perangkap di Aceh Selatan

Harimau Sumatera Masuk Perangkap di Aceh Selatan

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Seekor harimau Sumatera  betina berusia sekitar tiga tahun berhasil ditangkap oleh tim gabungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan Forum Konservasi Leuser (FKL) di Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (2/2/2024).

Harimau tersebut masuk ke dalam kandang perangkap yang dipasang di surou (gubuk) milik warga di Gampong Paya Dapur, Kecamatan Kluet Timur. Kandang perangkap tersebut sengaja dipasang untuk mencegah interaksi negatif antara harimau dan masyarakat setempat.

Kapolsek Kluet Timur, Iptu Yunizar, mengatakan bahwa pihaknya menerima informasi dari keuchik Gampong Buluh Didi, Kecamatan Kluet Timur, bahwa harimau yang sering berkeliaran di pemukiman warga telah terjebak di kandang perangkap.

“Kami langsung berkoordinasi dengan tim BKSDA dan FKL yang sudah berada di lokasi sejak tanggal 13 Januari 2024. Mereka sudah melakukan patroli dan memasang kamera pengintai di lokasi munculnya harimau,” kata Yunizar.

Yunizar menambahkan bahwa harimau tersebut akan segera dievakuasi oleh tim BKSDA dan FKL ke tempat yang lebih aman dan sesuai dengan habitatnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan tindakan yang dapat membahayakan harimau maupun diri sendiri.

Harimau Sumatera merupakan satwa yang dilindungi oleh undang-undang dan termasuk dalam daftar merah spesies terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER