Beranda Info Aceh Jaya Dukungan dan Harapan dari Aceh Jaya kepada Pj Gubernur Aceh

Dukungan dan Harapan dari Aceh Jaya kepada Pj Gubernur Aceh

BERBAGI
Achmad Marzuki (seragam putih) didampingi istri dan Wakil Ketua DPRA, usai prosesi pelantikannya sebagai Pj Gubernur Aceh, Rabu (6/7/2022). (Foto/Kia Rukiah)

Calang (Waspada Aceh) – Dengan dilantiknya Achmad Marzuki sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Aceh menggantikan Nova Iriansyah oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian di Gedung Utama DPRA, mendapat dukungan dari berbagai kalangan di Kabupaten Aceh Jaya.

Dukungan tersebut hadir dari Panglima Laot Kabupaten Aceh Jaya, Usman. Ia mendukung Achmad Marzuki sebagai Pj Gubernur Aceh dalam menjalankan tugas memimpin Aceh kedepan.

“Kami dari lembaga adat Panglima Laot Kabupaten Aceh Jaya sangat senang dan mendukung Achmad Marzuki sebagai Pj Gubernur Aceh dalam menjalankan tugas kedepan,” ujar Usman saat menghubungi Waspadaaceh.com, Rabu (6/7/2022).

Usman menceritakan, saat Achmad Marzuki menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda (IM), lembaga adat Panglima Laot Kabupaten Aceh Jaya pernah berkoordinasi tentang program pengembangan nelayan

“Jauh sebelumnya, kami memang sering berkomunikasi dengan beliau tentang kesejahteraan para nelayan Aceh Jaya. Beliau sangat peduli terhadap nelayan,” ujarnya.

Usman berharap, para nelayan di Kabupaten Aceh Jaya mendapat perhatian dari Pj Gubernur Aceh yang baru dilantik, baik di dari segi pengembangan, kesejahteraan hingga menjamin kenyamanan para nelayan saat beraktivitas.

“Semoga Pj Gubernur Aceh mampu sinergi dengan nelayan dalam menjaga keutuhan laut di sepanjang pesisir Aceh,” pungkasnya.

Sedangkan mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Pantai Barat Selatan, Tgk Hamdani, juga mendukung dilantiknya Achmad Marzuki sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Aceh.

“Kita mendukung Achmad Marzuki sebagai Pj Gubernur Aceh. Apa lagi beliau pernah menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda (IM), tentunya sudah memahami dan lebih bijak dalam menyikapi kondisi Aceh saat ini,” katanya.

Tgk Hamdani selaku eks kombatan GAM berharap kepada Pj Gubernur Aceh untuk merealisasikan butir – butir MoU Helsingki antara GAM dengan Pemerintah Pusat dan UUPA . Menurutnya, jika semua itu terealisasi, maka tidak akan ada lagi gejolak baru di Aceh.

“Semua rakyat Aceh menginginkan kondisi damai. Saya meminta kepada Pj Gubernur Aceh agar merealisasikan butir – butir MoU Helsingki dan UUPA,” ujarnya.

Tgk Hamdani juga berharap agar Pj Gubernur Aceh dapat menyelesaikan persoalan belum terwujudnya lahan bagi eks Kombatan GAM demi kenyaman dan ketenteraman di Aceh.

“Kedepan di bawah kepemimpinannya mampun mewujudkan kesetaraan pembagunan di Aceh,” cetusnya.

Sementara itu dukungan juga hadir dari Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Kerukunan Anak Bangsa (Forkab ) Aceh, M Nasir Lado, melalui wakilmya, Mawardi yang sering disapa Adi Keuangan.

Dia mengucapkan selamat atas pelantikan Achmad Marzuki sebagai Pj Gubernur Aceh dan kedepan akan mendukung setiap upaya dalam memajukan Aceh. Mawardi berharap kepada Pj Gubernur Aceh agar membangun Aceh dengan sepenuh hati dan atas azas kesetaraan pembangunan.

“Bangunlah Aceh dengan sepenuh hati jangan anak tirikan antara daerah Ala dan Abas,” pesannya.

Mawardi berharap Pj Gubernur Aceh dapat mengayomi semua partai politik yang ada di Aceh secara profesional agar Aceh semakin aman dan kondusif.

“Kami juga berharap agar Pj Gubernur Aceh bisa berlaku adil dengan semua organisasi yang ada di Aceh tanpa melihat perbedaan latar belakang,” tutupnya. (Zammil)