Rabu, Mei 29, 2024
Google search engine
BerandaSuara DPRK Aceh BesarDPRK Minta Pemkab Aceh Besar Beri Perhatian Khusus Sektor Perikanan

DPRK Minta Pemkab Aceh Besar Beri Perhatian Khusus Sektor Perikanan

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Di Aceh, hampir semua daerah punya potensi ekonomi kelautan, salah satunya Aceh Besar. Dimana sektor perikanan dan kelautan ini merupakan salah satu sektor unggulan penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Aceh besar.

Ketua Tim Pansus Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar, Yusran Yunus, berharap sektor kelautan tersebut dapat dimanfaatkan secara penuh.

“Sektor kelautan di Aceh Besar luar biasa, potensinya sangat besar, maka perlu pemanfaatan secara maksimal, agar pendapatan masyarakat khususnya nelayan dapat meningkat,” kata Yusran kepada Waspadaaceh.com, Jumat (12/8/2022).

Menurutnya wilayah Kabupaten Aceh Besar, memiliki potensi perikanan yang melimpah, bukan hanya perikanan laut tapi juga perikanan darat atau air tawar. Juga perikanan budidaya, seperti budidaya udang vaname, ikan bandeng, kepiting dan budidaya lainnya.

Menjaga Kualitas Ikan

Demi menjaga kualitas produk kelautan, para nelayan diminta untuk menerapkan penangkapan dan penyimpanan ikan dengan baik.

“Dunia sudah mengakui kualitas ikan Aceh, oleh karena itu jangan coba-coba merusak dengan menggunakan formalin,” tutur Yusran.

Dia menegaskan, pemerintah harus memberikan kebijakan yang berpihak kepada nelayan agar kualitas produk ikan tetap terjaga. Kebijakan itu bisa berupa pembinaan maupun bantuan peralatan.

“Seperti pemberian tempat atau lemari penyimpanan ikan (Cold Storage), supaya ketika terjadi panen raya harganya tidak jatuh,” tutur politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Selain menjaga stabilitas harga, ikan dari Aceh harus didorong untuk ekspor ke mancanegara. Di samping itu  dia berharap agar tidak terjadi perdagangan ikan ilegal yang bisa merusak harga ikan di pasaran.

Tim Pansus Sampaikan ke Bupati

Tim Pansus Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar, telah meminta kepada Bupati Aceh Besar agar memberikan perhatian khusus pada sektor kelautan.

“Di depan Bupati Aceh Besar, tim pansus juga memberikan rekomendasi agar sektor kelautan mendapat perhatian khusus dari Bupati, mengingat Aceh Besar mempunyai garis pantai yang sangat luas,” sebut Yusran.

Jika sektor kelautan itu dikelola dengan baik, ucap Yusran, tentunya dapat menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Aceh Besar. Oleh karena itu, ini menjadi rekomendasi yang sangat penting untuk disampaikan kepada Bupati Aceh Besar.

Selain sektor kelautan, tutur Yusran, tim pansus juga memberikan masukan kepada Bupati Aceh Besar untuk meningkatkan sektor pertanian dan sektor peternakan. (Kia Rukiah)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER