Beranda Suara DPRK Aceh Besar Sigap Tangani PMK, Ketua DPRK Apresiasi Pj Bupati Aceh Besar

Sigap Tangani PMK, Ketua DPRK Apresiasi Pj Bupati Aceh Besar

BERBAGI
ILUSTRASI. Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto saat mengecek hewan ternak. (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Berdasarkan data terakhir yang dihimpun Waspadaaceh.com, Senin (8/8/2022), Satgas Penanganan PMK menyatakan 100 persen hewan ternak di Aceh Besar sudah sembuh. Atas keberhasilan menangkal PMK itu, tak heran Pemerintah Aceh Besar mendapatkan apresiasi dari DPRK Aceh Besar.

“Saya mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Pj Bupati Aceh Besar untuk membantu masyarakat dalam hal mengatasi PMK,” ucap Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar, Iskandar Ali kepada Waspadaaceh.com, Jumat (12/8/2022).

Sebelumnya, kata Iskandar, PMK di Aceh Besar menjadi hal yang meresahkan bagi peternak. Apalagi masyarakat di Aceh Besar yang dominannya berprofesi sebagai peternak.

Kata Iskandar, sangat diperlukan keterlibatan pemerintah mengatasi penyebaran PMK di Aceh Besar. Dia menilai, sigapnya pemerintah setempat menangani isu nasional ini merupakan langkah jitu untuk menurunkan tingkat penularan PMK khususnya di Aceh Besar.

“Alhamdulillah berdasarkan info yang kita baca, hewan yang sebelumnya terjangkit PMK dinyatakan hampir 100 persen sembuh. Maka kita mendukung langkah baik tersebut,” tutupnya.

100 Persen Ternak Sembuh dari PMK

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto mengatakan, Aceh Besar akhirnya berhasil mencapai target final pengendalian wabah PMK yang menyerang ternak di Aceh, dengan angka kesembuhan ternak terjangkit mencapai 100 persen.

Dengan demikian, kata Iswanto, seluruh ternak warga yang terpantau terjangkit PMK di Aceh Besar, telah dinyatakan sembuh.

“Alhamdulillah, atas dukungan dan bantuan semua pihak, selama tiga minggu kita bahu-membahu bekerja di lapangan dengan spirit tinggi, akhirnya berhasil mencapai target kesembuhan PMK dengan angka kesembuhan hari ini yang sudah 100 persen,” ujar Iswanto.

Lebih lanjut, Iswanto menjelaskan ternak terjangkit PMK di Aceh Besar yang didata pihaknya berjumlah 12.150 ekor yang terdiri dari 10.889 ekor sapi, 1.170 ekor kerbau dan 91 ekor kambing. Keseluruhan ternak tersebut tersebar di 23 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Dari 10.889 ekor sapi yang terjangkit, hanya tersisa 3 ekor yang sedang menuju proses kesembuhan. Sementara 10.886 ekor lainnya telah dinyatakan sembuh.

Selanjutnya, 1.170 ekor kerbau yang terjangkit dinyatakan telah sembuh seluruhnya. Demikian juga ternak kambing, dari 91 ekor yang terjangkit juga telah sembuh semuanya.

Terkait kondisi terbaru itu, Muhammad Iswanto menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Tim Gugus Tugas PMK Aceh Besar, TNI, Polri serta seluruh OPD yang telah membantu selama proses pendataan hingga pengobatan. Terima kasih juga disampaikan Iswanto kepada para peternak yang telah mendukung kinerja pemerintah serta terlibat bersama-sama dalam pengendalian wabah ini.

“Sekali lagi, atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penanganan wabah PMK di kabupaten ini,” kata Iswanto.

Meskipun angka kesembuhan PMK Aceh Besar telah mencapai 100 persen, dalam keterangannya Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto juga mengingatkan bahwa ancaman PMK belum berakhir.

Disebutkan, hewan ternak seperti sapi, kerbau maupun kambing masih berpeluang terjangkit virus tersebut. Untuk itu, para peternak dan seluruh pihak terkait diminta tetap waspada dengan selalu memerhatikan kebersihan kandang, pakan hingga segera melapor jika menemukan gejala ternak terjangkit PMK. (Kia Rukiah)