Sabtu, April 13, 2024
Google search engine
BerandaAcehDPKA Beri Penghargaan Kepada Lembaga Kearsipan Daerah Terbaik di Aceh

DPKA Beri Penghargaan Kepada Lembaga Kearsipan Daerah Terbaik di Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) memberikan penghargaan kepada lembaga kearsipan daerah terbaik di kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Kepala DPKA Edi Yandra kepada Waspadaaceh.com, Rabu (2/11/2022) menyebutkan, DPKA belum lama ini melaksanakan kegiatan Lomba Apresiasi Lembaga Kearsipan Daerah kabupaten/kota se-Aceh tahun 2022. Hal ini dilaksanakan, sebagai bentuk penghargaan kepada lembaga kearsipan terbaik di daerah.

Lomba ini, lanjut Edi, bertujuan untuk memotivasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten/kota agar lembaga ini dapat tertata dan terkelola sesuai dengan prinsip dan kaedah kearsipan yang terdapat dalam Undang Undang Nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan.

Dari 23 lembaga kearsipan daerah kabupaten/kota hanya 11 kabupaten/kota yang mengikuti lomba.

“Pelaksanaan penilaian berlangsung selama tiga bulan, yang diawali dengan penilaian kuisioner dan data dukung. Kemudian visitasi ke lembaga kearsipan untuk melihat kesesuaian antara hasil kuisioner dengan bukti dukung di lapangan,” jelasnya.

Setelah dilakukan penilaian, DPKA menetapkan Lembaga Kearsipan Aceh Tengah sebagai juara pertama, Aceh Timur juara kedua dan Aceh Utara sebagai juara ketiga.

Selain juara satu, dua dan tiga, DPKA juga memberikan penghargaan kepada juara harapan. Juara harapan satu diraih oleh Aceh Barat, juara harapan dua diraih oleh Banda Aceh dan juara harapan tiga jatuh pada Nagan Raya.

Hadiah diserahkan langsung kepada masing-masing pemenang yang bertepatan dengan pengukuhan Bunda Literasi dan pemilihan Raja dan Ratu Baca Aceh.

Edi berharap, pada tahun yang akan datang semakin banyak lagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten/kota yang ikut berpartisipasi. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER