Minggu, Juli 21, 2024
Google search engine
BerandaInfo Aceh JayaDongkrak Ekonomi Masyarakat, Jembatan Ranto Panyang Harus Tereaslisasi Tahun ini

Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Jembatan Ranto Panyang Harus Tereaslisasi Tahun ini

Calang (Waspada Aceh) – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Nurdin, meninjau pembangunan jembatan di Desa Ranto Panyang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, yang sudah mangkrak selama 10 tahun.

Peninjauan Pj Bupati Aceh Jaya tersebut sebagai respon pemerintah dalam hal mengatasi permasalahan masyarakat selama ini termasuk keluhan dari masyarakat Ranto Panyang terkait pembangunan jembatan di desanya yang tak kunjung selesai.

Pj Bupati Aceh Jaya Nurdin menyampaikan, jembatan Ranto Panyang sepanjang kira-kira 90 meter itu akan dibangun dengan anggaran bersumber dari Otsus tahun 2022. Targetnya jembatan ini selesai pada bulan Desember 2022, agar dapat segera dipergunakan oleh masyarakat setempat.

“Jembatan ini merupakan salah satu akses mobilitas hasil produksi masyarakat Desa Ranto Panyang. Maka hal ini menjadi perhatian khusus Pemkab Aceh Jaya agar selesai tahun ini, sebagai upaya mendongkrak perekonomian masyarakat setempat,” ujarnya.

Di samping itu Nurdin juga menjelaskan,  dia  ingin memastikan pembangunan infrastruktur itu dapat terhubung ke sentral ekonomi masyarakat. Seperti halnya jembatan Ranto Panyang yang akan terhubung ke lokasi lahan pertanian yang luasnya mencapai ± 2.500 hektare. Jika terealiasasi akan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Potensi lahan di Kabupaten Aceh Jaya sangat luas dan menyumbang sebagaian besar dalam pertumbuhan ekonomi. Di samping pemanfaatan lahan yang ada, hal yang perlu diperhatikan adalah pembangunan infrastruktur yang terhubung ke potensi lahan tersebut. Salah satunya adalah pembangunan Ranto Panyang ini, ungkapnya.

Nurdin juga menyampaikan telah mengirim surat kepada para camat dan keuchik untuk menginventarisir lahan-lahan tidur di Kabupaten Aceh Jaya.

“Hal itu nantinya akan menjadi bagian dari program untuk pemulihan ekonomi Aceh Jaya dengan memanfaatkan sumber daya yang ada,” sebut Nurdin.

Di sisi lain pemanfaatan potensi lahan ini akan dikaji, komoditas seperti apa yang cocok untuk dikembangkan oleh masyarakat. Sehingga melahirkan produk unggulan dan berkualitas di Kabupaten Aceh Jaya, selaras dengan upaya membangun perekonomian baik di hulu maupun hilir, tegasnya

Pj Bupati Aceh Jaya Nurdin meminta semua pihak dapat berpartisipasi bersama tokoh politik, tokoh masyarakat dan stakeholder lainnya untuk sama sama membangun Aceh Jaya. Sehingga arah kebijakan pemerintah Aceh Jaya berada dalam koridor yang berpihak kepada rakyat.

Camat Krueng Sabee Muslem juga berharap jembatan Ranto panyang ini dapat terealisasi tahun ini.

“Agar dapat dipergunakan serta memudahkan akses ke lokasi lahan masyarakat,” kata camat. Harapan yang sama juga disampaikan oleh Anwar, tokoh masyarakat setempat. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER