Corona Semakin Mengkhawatirkan, Gubernur Sumut Minta Warga Isolasi di Rumah

    BERBAGI
    Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. (Foto/video/Humas)

    Medan — Sebuah video Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi yang dirilis Humas Pemprov Sumut beredar pada Minggu (22/3/2020). Dalam video itu, Edy meminta kepada masyarakat untuk mengisolasi diri di rumah masing-masing.

    Pada video berdurasi 4 menit 16 detik itu, Edy menyatakan bahwa kondisi pandemi virus COVID19 di wilayah Sumut saat ini sudah memasuki tahap mengkhawatirkan. Pandemi ini terus menyebar, seiring dengan data terbaru dari Satgasus Corona Sumut yang bertambah 2 positif, 48 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 338 orang dalam pemantauan (ODP).

    “Saudara-saudara ku semua di wilayah Sumatera Utara. Saat ini pandemi Corona sudah memasuki tahap mengkhawatirkan. Saya meminta kepada semua masyarakat Sumatera Utara agar mengisolasi diri di rumah masing-masing,” kata mantan Pangdam I/BB dan mantan Pangkostrad ini.

    Edy lalu menyatakan bahwa masyarakat juga harus terus mengikuti perkembangan dan instruksi petugas kesehatan yang telah ditetapkan. Dia juga meminta kepada semua masyarakat menyikapi masalah pandemi ini secara serius.

    Pusat Kota Medan, sekitar Jalan Pangeran Diponegoro, Jumat sore (20/3/2020) tampak sepi. Biasanya di kawasan ini sering terjadi kemacetan parah. (Foto/sulaiman achmad)

    “Serius, tapi sikapi tidak dengan kepanikan. Sikapi secara tenang, dengan mengikuti arahan dari petugas kesehatan. Hindari keramaian dan tetap di rumah,” ujarnya.

    Dia juga meminta kepada pelaku usaha mulai dari cafe, pub, diskotik, karaoke dan pelaku usaha lainnya agar sementara waktu menutup usahanya sampai kondisi membaik sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran.

    “Saya meminta kepada pelaku usaha menutup usaha sampai kondisi membaik. Saya menyadari akibat pandemi ini, dampak ekonomi yang akan muncul. Saya berharap kepada masyarakat yang memiliki ekonomi lebih agar membantu masyarakat ekonomi lemah,” ungkapnya.

    Di ujung pidatonya itu, Gubernur Sumut meminta agar masyarakat memahami kondisi saat ini dan tidak menganggap sepele. Edy juga mengajak berserah diri dan berdoa kepada Tuhan agar masalah pandemi ini bisa cepat teratasi. (sulaiman achmad)

    BERBAGI