Kamis, April 18, 2024
Google search engine
BerandaBMKG: Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Masih Terjadi di Aceh

BMKG: Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Masih Terjadi di Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Koordinator Aceh memprediksi cuaca di Aceh dalam dua tiga hari kedepan masih berpotensi terjadi hujan.

Kepada Waspadaaceh.com, Sabtu, (10/7/2021), Koordinator Data dan Informasi BMKG Kelas l Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar, Zakaria Ahmad mengatakan, cuaca di Aceh dalam dua tiga hari kedepan masih berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang serta angin kencang di seluruh Aceh.

Zakaria juga menyebutkan, selain hujan dan angin kencang, kilat petir juga terjadi di sebagian Aceh. Zakaria meminta masyarakat untuk waspada terjadinya gelombang tinggi di Aceh.

Kata Zakaria, terlihat dinamika atmosfir Aceh masih terdapat pengerucutan arah angin, masih ada belokan angin dan anomali suhu muka laut antara +1.0 s/d +3.0°C di sekitar laut Andaman, sekitar Selat Malaka dan Samudra Hindia Barat Sumatera.

Dengan dinamika atmosfir yang demikian mengindikasikan ada potensi penguapan atau penambahan masa uap air di sekitar wilayah Aceh.

Dengan analisis dinamika atmosfir di atas serta analisis-analisis yang lainnya, maka BMKG Koordinator Aceh memprediksi adanya tinggi gelombang di beberapa wilayah perairan Aceh.

Adapun perkiraan BMKG, di beberapa wilayah di Aceh akan berpetensi terjadinya gelombang tinggi, yaitu di wilayah perairan Utara Sabang, wilayah Selat Malaka Bagian Utara, Perairan Sabang-Banda Aceh, wilayah Perairan Lhokseumawe, wilayah Barat Aceh, wilayah Meulaboh-Kep. Sinabang dan Samudra Hindia Barat Aceh yang dapat mencapai 4 meter. (Kia Rukiah)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER