Minggu, Juli 21, 2024
Google search engine
BerandaLaporan KhususBank Aceh Syariah Bantu 8.000 Lebih UMKM

Bank Aceh Syariah Bantu 8.000 Lebih UMKM

“Bank Aceh Syariah terus melakukan strategi untuk meningkatkan akselerasi pembiayaan UMKM”

Dirut BAS, Muhammad Syah —

Bank Aceh Syariah (BAS) berkomitmen mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Aceh. Sektor UMKM dinilai menjadi tulang punggung bagi perekonomian dan telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian.

Direktur Bank Aceh Syariah, Muhammad Syah mengatakan, Bank Aceh Syariah telah mengekspansi di seluruh Aceh, dengan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam memperoleh pembiayaan.

Sementara itu, lanjutnya, dukungan pembiayaan kepada UMKM dari Bank Aceh jumlahnya mencapai sekitar 8000 lebih dengan porsi UMKM mencapai lebih dari 20 persen dari seluruh portofolio pembiayaan Bank Aceh.

Kucurkan KUR Rp510 Miliar

Dengan besarnya potensi ekonomi yang dimiliki sejumlah kabupaten/kota terhadap sektor UMKM. Direktur Bank Aceh Syariah mengatakan untuk UMKM di Aceh, tahun 2023 ini Bank Aceh telah mengucurkan dana sebesar Rp510 miliar untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Hingga Juli 2023, dana tersebut telah tersedot sebesar Rp370 miliar. Dia berharap pada September mencapai target.

“InsyaAllah di bulan September ini bisa tersalurkan dengan total Rp510 miliar,” kata Muhammad Syah saat diwawancarai waspadaaceh.com usai acara pembukaan Action UMKM Expo 2023, Jumat (4/8/2023).

Di samping itu, lanjut Muhammad Syah, Bank Aceh juga hadir di tengah-tengah masyarakat dengan memberikan dukungan dan layanan pembiayaan di pasar-pasar. Karena itu, pihaknya sangat mengharapkan dukungan pemerintah untuk terus meningkatkan platform pembiayaan KUR di Bank Aceh sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing bank serta memajukan UMKM.

Lebih lanjut kata Muhammad Syah, terkait dukungan pembiayaan bagi UMKM tidak ada sektor khusus, namun sektor perdagangan, pertanian, dan perkebunan mendapatkan porsi yang lebih besar.

Bank Aceh Solusi Bagi UMKM 

Muhammad Syah juga mengatakan, Bank Aceh Syariah berusaha melepaskan jeratan rentenir yang selama ini menjadi isu di Aceh, dengan memastikan bantuan dan pembiayaan Bank Aceh dapat menjangkau berbagai segmen usaha.

“Kita memdukung berbagai segmen usaha. Hal ini untuk melepaskan permasalahan dari pelaku usaha akibat jeratan rentenir yang selama ini menjadi isu di Aceh. Bahwa Bank Aceh harus masuk di segala segmen usaha agar masyarakat Aceh terbebas utang dari rentenir,” jelasnya.

Lanjutnya, Bank Aceh juga berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM untuk mendampingi pengusaha UMKM dalam mempermudah mereka memperoleh akses pembiayaan di Bank Aceh.

Oleh sebab itu, perayaan ulang tahun ke 50 Bank Aceh Syariah dengan kegiatan Action UMKM Expo 2023 ini kata Muhammad Syah menjadi momentum untuk mendukung kemajuan UMKM di Aceh.

“Action Expo UMKM 2023 salah satu bentuk dukungan Bank Aceh terhadap perkembangan UMKM di Aceh. Bank Aceh, sebagai milik rakyat Aceh, kami berkomitmen untuk terus melayani para UMKM di berbagai segmen,” tutup Muhammad Syah. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER