Beranda Entertainment Ambiance, Film Spektakuler Berdurasi 720 Jam

Ambiance, Film Spektakuler Berdurasi 720 Jam

BERBAGI
Ambiance

STOCKHOLM – Masih adakah penikmat film yang betah duduk menonton selama 2 jam? Di era milenial ini, agaknya orang selalu ingin cepat menyelesaikan sesuatu, termasuk dalam menonton film.

Makanya akhir-akhir ini para produser banyak memproduksi film-film berdurasi pendek atau yang disebut film pendek, untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tapi begitu pun, ada juga satu dua produser, entah karena kebutuhannya, memproduksi film secara tidak biasanya.

Sebut saja Ambiance, merupakan sebuah film yang akan dirilis oleh sutradara Swedia Anders Weberg. Film tersebut berdurasi 720 jam, dan jika diputar secara nonstop, penonton akan membutuhkan waktu 30 hari untuk menonton film ini dari awal hingga akhir.

Benar-benar spektakuler untuk durasinya. Setelah bekerja di bidang seni visual selama lebih dari dua dekade, Anders Weberg berencana untuk mengakhiri karirnya di tahun 2020.  Dia ingin berhenti dengan sebuah kesan kontroversi, dengan menciptakan film terpanjang dalam sejarah bioskop di dunia.

Film Ambiance akan diputar secara simultan di semua benua, untuk satu waktu saja. Setelah pemutaran tersebut selesai, Weberg berencana untuk menghancurkan semua salinan, sehingga tidak dapat diputar ulang lagi. Wah.., memang aneh dan spektakuler.

“Proses saya adalah mengumpulkan kilasan cahaya dengan kamera dan membawanya ke komputer tempat pekerjaan sebenarnya dimulai. Mengambil semua kilasan ini, mengatur dan mengaturnya kembali ke dalam aliran yang saya rasakan mewakili emosi yang ingin saya ekspresikan,” tulis sutradara itu sebagaimana dikutip dari Odditycentral.

Untuk membuat film terpanjang yang pernah dibuat, Weberg harus mengalahkan film Modern Times Forever tahun 2011, yang berdurasi mencapai 240 jam. Film lain yang juga berdurasi panjang, adalah film Baa Baa Land, walau hanya berdurasi 8 jam.

Secara teknis, Weberg telah melakukannya. Tahun lalu dia mengungkapkan telah memfilmkan 400 jam Ambiance, dan dia mengklaim berada dalam posisi yang baik untuk menyelesaikannya pada tanggal yang dijadwalkan. Meski dia masih memiliki begitu banyak pekerjaan di depannya.

“Saya harus benar-benar menyelesaikan setidaknya 1 jam film yang diedit setiap minggu. Itu berarti saya membutuhkan 7-8 jam bahan baku setiap minggunya,” kata Weberg.

Untuk memberi penontonnya rasa dari apa yang bisa mereka harapkan dengan menonton film terpanjang dalam sejarah, Weberg yang berasal dari Swedia itu telah merilis trailer sejak tahun 2014.

Cuplikan pertama hanya berlangsung 7 menit, yang terlalu pendek untuk film berdurasi 720 jam. Namun dalam tahun 2016, dia merilis sebuah trailer baru dengan durasi 7 jam. Tahun 2018/2019, dia berencana untuk merilis trailer terakhir, yang membutuhkan waktu 72 jam untuk menonton dari awal sampai akhir.

Ambiance menjadi semakin menarik karena akan menampilkan sekitar 100 aktor. Beberapa di antara aktor ini telah bekerja dengan Weberg di masa lalu dan lainnya hanya dikontrak untuk film tersebut saja. Meski panjang dan penuh pemeran, film tersebut mungkin tidak akan menampilkan dialog sama sekali.

Anda tertarik untuk duduk menonton film selama 720 jam? Tunggu saja Ambiance diputar di kota Anda. (sulaiman achmad)

BERBAGI