Beranda Disbudpar Aceh Ajang API Award 2021, Disbudpar Aceh Targetkan Jadi Juara Umum

Ajang API Award 2021, Disbudpar Aceh Targetkan Jadi Juara Umum

BERBAGI
Kepala Disbudpar Aceh rapat bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dari 9 kabupaten/kota yang masuk dalam 12 nominasi API Award, di Ruang Rapat Disbudpar Aceh, di Banda Aceh, Jumat (16/7/2021). (Foto/Cut Nauval Dafistri)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disubudpar) Aceh, Jamaluddin, menargetkan Aceh menjadi juara umum pada ajang Anugerah Persona Indonesia (API) Award 2021.

Kadisbudpar mengatakan, sebanyak 12 destinasi wisata dari 9 kabupaten/kota di Aceh berhasil masuk nominasi di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award ke-6 tahun 2021.

“Kali ini nominasi API Award 2021 di Aceh mengalami peningkatan. Tahun ini kita targetkan juara umum,” tutur Jamaluddin.

Jamaluddin menyampaikan hal itu dalam rapat bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dari 9 kabupaten/kota yang masuk dalam 12 nominasi API Award, di Ruang Rapat Disbudpar Aceh, di Banda Aceh, Jumat (16/7/2021).

Kepala Disbudpar Aceh rapat bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dari 9 kabupaten/kota yang masuk dalam 12 nominasi API Award, di Ruang Rapat Disbudpar Aceh, di Banda Aceh, Jumat (16/7/2021). (Foto/Cut Nauval Dafistri)

Dalam rapat tersebut membahas strategi promosi pemenangan API Award 2021. Kadisbudpar Aceh mengatakan jika seluruh nominasi mendapat juara serta Aceh menjadi juara umum, tentunya akan mendongkrak kunjungan wisatawan di Aceh.

Untuk mencapai juara umum, kata Jamaluddin, maka Pemerintah Aceh bersama pemerintah daerah harus bekerja maksimal melakukan promosi untuk mendapatkan dukungan masyarakat.

Sembilan kabupaten/kota yang masuk nominasi API Award 2021 yaitu Banda Aceh, Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Selatan, Bener Meriah, Subulussalam, Kota Sabang, Aceh Barat dan Aceh Tamiang.

Disbudpar telah melakukan upaya dalam mempromosikan dan juga membuat inovasi berupa barcode (kode batang). Dengan adanya inovasi barcode ini, kata Jamaluddin, bisa memudahkan masyarakat untuk lebih maksimal dan efektif dalam memberikan voting (pemungutan suara) melalui handphonenya masing-masing.

“Yang ingin memberi dukungan cukup mudah, hanya dengan cara memindai barcode yang telah disediakan lewat sebaran brosur, kemudian langsung otomatis bisa divoting,” tuturnya.

Jamaluddin mengajak seluruh masyarakat untuk memvoting ke 12 nominasi tersebut. Pemungutan suara juga dapat dilakukan melalui akun instagram @ayojelajahindonesia dengan cara like pada postingan yang akan divoting. Kemudian sms dengan cara ketik kode nominasi dan kirim ke 99386, kemudian like video youtube di chanel @apiawards.

Jamaluddin menambahkan, Disbudpar Aceh juga berupaya menyosialisasikannya melalui influencer, tokoh masyarakat, membuat konten foto dan video, kemudian melalui media promosi lainnya seperti mencetak baliho, spanduk, brosur, serta poster, untuk disebarkan ke seluruh Aceh.

“Kita melakukan kolaborasi, diharapkan kepada seluruh kabupaten saling mendukung bukan saling bersaing. Kita sangat berharap 12 nominasi yang sudah lolos ini harus kita perjuangkan untuk menjadi juara umum,” tutupnya. (Cut Nauval Dafistri)

TONTON VIDEO LAINNYA:

BACA:
Anyaman Bili Droe, Industri Kerajinan Pendukung Ekonomi Rakyat
Masa Pandemi, Disbudpar Aceh Tetap Gelar Event Budaya dan Pariwisata

VIDEO FAVORIT: