Selasa, April 30, 2024
Google search engine
BerandaJurnalis Lhokseumawe dan Aceh Utara Bersama Mahasiswa Tolak Pengesahan RKUHP

Jurnalis Lhokseumawe dan Aceh Utara Bersama Mahasiswa Tolak Pengesahan RKUHP

Lhokseumawe (Waspada Aceh) – Puluhan Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Lhokseumawe dan Ikatan Jurnalis Telivisi Indonesia (IJTI) Korda Lhokseumawe Raya bersama mahasiswa Unimal yang tergabung dalam Eksekutif Kota Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EK-LMND) menggelar aksi damai penolakan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), di Taman Riyadah Kota Lhokseumawe, Aceh, Senin sore (5/12/2022).

Aksi damai yang menyita perhatian warga itu, ikut diisi dengan teatrikal, pembacaan puisi, menyanyikan lagu tentang perjuangan, orasi, dan pernyataan sikap yang disampaikan Ketua AJI Lhokseumawe, Irmansyah, Ketua IJTI Korda Lhokseumawe Raya, Armia Jamil dan Eksekutif Kota Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EK-LMND).

Ketua AJI Kota Lhokseumawe, Irmansyah menyampaikan, AJI menggelar aksi secara online dan offline di berbagai daerah untuk menyampaikan desakan secara tegas menolak pengesahan RKUHP.

“Informasi yang terima, pemerintah dan DPR akan segera mengesahkan RKUHP. Padahal aturan ini dibikin tanpa partisipasi publik dan tidak transparan. Selain itu, RKUHP masih mengandung 17 pasal bermasalah yang berpotensi mengekang kemerdekaan pers dan mengkriminalisasikan karya jurnalistik, serta bisa memenjarakan setiap warga Indonesia,” kata Irmansyah.

Dalam orasi tersebut, AJI dan IJTI bersama LMND juga mendesak DPR dan pemerintah mencabut 17 pasal bermasalah di RKUHP yang berpotensi mengekang kerja-kerja jurnalistik dan mengkriminalisasi jurnalis. Karena jika RKUHP disahkan oleh pemerintah dan DPR berpotensi menghalangi kemerdekaan pers, kebebasan berpendapat dan berekspresi.

“Dalam negara demokratis, kritik menjadi hal penting sebagai bagian dari kebebasan berekspresi yang sedapat mungkin bersifat konstruktif, karena kritik merupakan bentuk pengawasan, koreksi, dan saran,” terang ketua AJI Lhokseumawe didampingi Ketua IJTI Korda Lhokseumawe Raya, dan Ketua LMND Komisariat Unimal, Alamsyah. (*).

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER